Pemerintah awasi harga pangan jelang ramadhan

id bulog

Pemerintah awasi harga pangan jelang ramadhan

Kepala Bulog Sulteng,Khozin, saat melakukan operasi pasar (foto antara/anas massa)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Sulawewsi Tengah melalui Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di daerah itu tetap meningkatkan pengawasan terhadap berbagai harga komoditi pangan menjelang bulan ramadhan 2018.

Hingga kini, kata Kepala Bulog Sulteng,Khozin, Kamis, harga pangan cukup stabil, meski ada beberapa yang naik karena stok dan pasokan
kurang.

Perum Bulog Sulteng sendiri, kata dia, termasuk dalam anggota TPID Provinsi Sulteng.

Ada sejumlah instansi pemerintah dan BUMN serta perbankan yang masuk dalam anggota TPID seperti Bank Indonesia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Ekonomi Pemprov Sulteng, BPS dan sejumlah BUMN dan satgas pangan yang dikoordinir oleh Polda Sulteng.

TPID rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern untuk mengecek baik stok maupun perkembangan harga, terutama pangan yang menjadi perhatian pemerintah dari pusat sampai ke daerah.

Ia mengatakan dari hasil pemantaun, harga berbagai komoditi pangan dan strategis lainnya di tingkat pengecer relatif stabil dan terkendali.

Baca juga: Bulog jual beras dua ton pasar murah

Kecuali bawang baik merah maupun putih, harganya sejak beberapa waktu lalu mengalami kenaikan yang dikarenakan stok kurang dan pasokan terbatas.

Apalagi, kata dia, khusus bawang putih selama ini didatangkan dari diluar daerah seperti Pulau Jawa.

Sementara khusus bawang merah, selain produksi petani, juga biasanya para pedagang mendatangkan dari daerah tetangga seperti Parepare.

Di pasar induk tradisional Masomba Palu, harga beras terbilang normal medium berkisar Rp9.000an dan beras jenis premium tertinggi Rp12.500/kg.

Minyak goreng Rp13.000/kg, telur ayam Rp1.200/kg, daging sapi segar Rp110.000/kg, ayam potong Rp45.000/ekor, gula pasir Rp13.000/kg dan tepung terigu Rp10.000/kg.

Bawang merah Rp32.000/kg, bawang putih Rp30.000/kg. Bawang merah dalam kondisi normal harganya berkisar Rp20.000/kg dan bawang putih Rp25.000/kg.

Baca juga: Bulog Sulteng tetap lakukan operasi pasar beras