Bawaslu lakukan penelitian DPS persiapan pileg-pilres 2019

id bawaslu

Komisioner Bawaslu Sulteng Devisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia, Zatriawati. (Muhammad Hajiji)

Bawaslu menghimbau agar partai politik dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengawasan pencocokan dan penelitian DPS
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah mulai melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) kabupaten/kota pada, 17 April - 17 Mei 2018.

Pencocokan dan Penelitian data DPS sebagai bentuk persiapan jelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Bawaslu menghimbau agar partai politik dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam pengawasan pencocokan dan penelitian DPS," kata Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Sulteng Zatriawati, di Palu, Senin.

Zatriawati menguraikan Bawaslu Sulteng telah membentuk perangkat pengawas hingga tingkat desa/kelurahan di sepuluh kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah, dengan total sebanyak 2.145 orang.

Karena itu, sebut dia, proses pencocokan dan penelitian data pemilih sementara perlu dilakukan secara bersama yang didukung dengan partisipasi aktiv masyarakat dan partai politik.

Masyarakat, memiliki hak suara dan partai politik memiliki basis atau konstituen sehingga dianggap perlu untuk terlibat mengawasi data pemilih sementara sebelum ditetapkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT).

Proses tersebut, urai dia, untuk memastikan kevalidan, kesesuaian dan keakuratan data jumlah pemilih sementara yang telah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum.

"Bila dalam pengawasan, penelitian, pencocokan ditemukan ada data pemilih namun tidak sesuai dengan kondisi nyata/lapangan, misalkan pemilih dalam DPS telah meninggal dunia, maka akan menjadi rekomendasi pengawas," ujarnya.

Ia menyebut bahwa Bawaslu lewat seluruh jajarannya hingga tingkat desa dan kelurahan se-Sulawesi Tengah akan memberikan rekomendasi untuk perbaikan data pemilih sementara, bila terdapat ketidak sesuaian dalam proses pencocokan dan penelitian.

Bawaslu Sulteng telah membentuk pengawas pemilu tingkat kelurahan/desa di sepuluh kabupaten/kota se-Sulteng terdiri dari Kota Palu 102 pengawas, Sigi 238, Tolitoli 262, Buol 263, Poso 418, Tojo Una-una 238, Banggai Kepulauan 342, Banggai Laut 66, Morowali Utara 216.Budi Suyanto 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar