Nasdem sediakan 756 saksi di Pilkada Morowali

id nasdem

Nasdem sediakan 756 saksi di Pilkada Morowali

Komisi Saksi Nasdem Kabupaten Morowali, Asfar, menyatakan Nasdem menyiapkan 756 saksi yang akan bekerja di 252 TPS di Kabupaten Morowali, Selasa. (Hamdin/Humas DPW Nasdem Sulteng)

Morowali, (Antaranews Sulteng) - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menyiapkan 756 saksi untuk mengawasi jalannya pemungutan suara di 252 TPS pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, tahun 2018.

"Untuk keperluan pemenangan maka kami akan menyiapkan 756 saksi TPS yang akan bekerja di 252 TPS di kabupaten Morowali. Tiap TPS akan diisi oleh tiga orang saksi. Satu orang saksi dalam, dan dua orang saksi luar," ungkap Ketua Komisi Saksi Nasdem Kabupaten Morowali, Asfar, di Morowali, Selasa.

Asfar mengatakan Nasdem menurunkan tiga orang saksi yang bertugas di satu tempat pemungutan suara agar perolehan suara pasangan Taslim/Nadjamuddin (Tahajud) benar-benar terkawal dengan baik.

Karena itu, saksi yang ditempatkan tidak hanya menjadi saksi semata, tetapi juga dapat menjadi tulang punggung pemenangan pasangan Tahajud berbasis TPS.

"Semua ini kami lakukan hanya untuk memastikan bahwa kecurangan pemilu seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya dapat di atasi. Sebab jika melihat konsolidasi dan respon masyarakat terhadap pasangan Tahajud, kami meyakini hanya kecuranganlah yang dapat mengalahkan," kata Asfar.

Bukan hanya teknis kepemiluan, sebut dia, para saksi juga dibekali dengan ilmu investigasi dasar agar memahami dan memiliki kemampuan mendokumentasikan kemungkinan kecurangan yang akan dilakukan pasangan calon lain yang menjadi kempetitor dari pasangan Tahajud atau kemungkinan kecurangan oleh penyelenggara.

"Karena itu, dalam pelatihan ini kami juga menghadirkan Badan Advokasi Hukum (BAHU) partai Nasdem untuk menggemleng para saksi agar memahami benar tugas dan fungsinya di TPS pada Pilkada nati," ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunukasi Publik DPW Nasdem Sulteng Mohammad Hamdin menyatakan tim koalisi sejahtera bersama pasangan Tahajud (Taslim/Najamuddin) melaksanakan training of trainers (ToT) sekaligus pelatihan saksi TPS oleh Komisi Saksi Nasdem Wilayah (KSNW) di?posko koalisi sejahtera bersama, Desa Sampeantaba Kecamatan Witaponda.

Pelatihan tersebut, urai Hamdin, diawali dengan pelatihan pelatih saksi di 9 kecamatan untuk selanjutnya melatih saksi di 133 desa, dimulai dari kecamatan Witaponda, Bumi Raya hingga Kecamatan Menui Kepulauan.

Baca juga: Calon bupati - wabup Morowali gelar pagelaran budaya Jawa