Agen libatkan polisi selidiki kelangkaan gas poso

id elpiji

Agen libatkan polisi selidiki kelangkaan gas poso

Antrian masyarakat untuk mendapatkan gas elpiji 3 kg (Foto Antara/Anas Massa)

Kami akan bekerja sama dengan polisi untuk mencari tahu apa penyebabnya. Kami menduga ada pihak atau oknum yang bermain di balik distribusi gas ini
Poso,  (Antaranews Sulteng) - PT Arba, salah satu agen resmi penyalur elpiji di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menggandeng kepolisian daerah setempat guna menyelidiki kelangkaan gas 3 kilogram di daerah itu.

Perusahaan menduga kelangkaan itu terjadi karena ada pihak atau oknum nakal yang sengaja menimbun atau menyalurkan gas tidak sesuai sasaran.

"Kami akan bekerja sama dengan polisi untuk mencari tahu apa penyebabnya. Kami menduga ada pihak atau oknum yang bermain di balik distribusi gas ini," kata General Manager PT Arba, Housam Hasan Bajammal, di Poso, Selasa.

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya mengklaim telah melakukan penyaluran sesuai dengan kuota yang ditentukan di masing- masing pangkalan.

Dari data yang disalurkan, sebanyak 2.800 tabung gas per hari disalurkan di 312 pangkalan yang tersebar di wilayah Kabupaten Poso.

Baca juga: Pemprov Sulteng pantau harga elpiji 3 kilogram

Namun kelangkaan masih saja terus terjadi di daerah bekas konflik itu. Selain itu, untuk mengantisipasi dan memenuhi gas di pangkalan, pihaknya telah menambahkan jadwal lembur karyawan pada hari Minggu untuk menyalurkan gas, namun tidak juga dapat memenuhi kekurangan gas itu.

"Saya sudah tambahkan honor lembur karyawan, agar hari Minggu untuk menyalurkan gas, padahal hari Minggu tidak bekerja, hanya karena kurangnya gas di masyarakat, saya haruskan tambah jam lembur," ungkapnya.

Dia mengatakan pihaknya akan terus memantau kelangkaan gas, jika hal ini terus terjadi akan dilakukan operasi pasar yang bekerja sama dengan pihak Pemerintah Daerah Poso.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui penyebab kelangkaan gas itu, selain operasi pasar dirinya menyarankan kepada seluruh masyarakat agar sama-sama mengawasi penyaluran gas itu. 

Baca juga: Poso alami kelangkaan gas elpiji