Bupati Sigi minta TNLL berdayakan masyarakat sekitar

id irwan

Bupati Sigi minta TNLL berdayakan masyarakat sekitar

BUpati Sigi Mohammad Irwan Lapatta (Antarasulteng.com)

Jangan hanya minta masyarakat untuk menjaga hutan dan alam, tetapi sebaliknya TNLL juga perlu memberdayakan ekonomi masyarakat
Sigi, (Antaranews Sulteng) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohammad Irwan Lapata minta Balai Besar Taman Nasional Lore LIndu (TNLL) untuk ikut memberdayakan ekonomi masyarakat di sekitar kawasan taman nasional itu.

"Jangan hanya minta masyarakat untuk menjaga hutan dan alam, tetapi sebaliknya TNLL juga perlu memberdayakan ekonomi masyarakat," katanya di Sigi, Selasa.

Ia mengatakan di Kabupaten Sigi ada banyak desa yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional.

Pemberdayaan masyarakat tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Sigi, tetapi pihak TNLL sebagai pengelola kawasan tersebut juga harus ada tanggungjawab yang sama.

Bupati Irwan mengatakan ada banyak bentuk pemberdayaan yang bisa dilakukan baik oleh TNLL sendiri maupun bersinergi dengan Pemkab Sigi.

Salah satunya, misalkan dengan membantu memberikan keterampilan dan juga bantuan peralatan dan bibit.

Seperti bibit kopi, durian, kakao dan kemiri sangat dibutuhkan masyarakat untuk dikembangkan guna meningkatkan ekonomi mereka.

Ada wilayah-wilayah yang telah ditetapkan Pemkab Sigi sebagai pusat pengembangan berbagai jenis komoditi pertanian, perkebunan, perikanan dan juga peternakan.

Baca juga: Budidaya anggrek dari cagar biosfer Lore Lindu

Masyarakat di sekitar kawasan TNLL sangat membutuhkan perhatian. Pemerintah tidak bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat, tanpa ada pihak lain yang ikut terlibat didalamnya.

Termasuk pihak TNLL perlu terlibat dalam berbagai program pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Jika masyarakat diberdayakan ekonomi mereka,niscaya mereka tidak akan seenaknya masuk hutan lalu merambah atau melakukan tindakan-tindakan yang bisa merusak hutan maupun habitat di dalamnya.

Masyarakat sebaliknya akan ikut menjaga hutan dan alam karena mereka merasa bahwa selama ini hutan dan alam yang ada disekitarnya telah memberikan banyak manfaat bagi mereka.

Salah satunya, hutan sebagai sumber air yang perlu dijaga kelestariannya.

Sebagian besar desa-desa yang ad di sekitar kawasan Taman Nasional, air bersih bersumber dari dalam kawasan.

TNLL sebagaian berada di wilayah adimistrasi pemerintahan Kabupaten Sigi dan sebagian lagi di Kabupaten Poso. 

Baca juga: Dataran Lindu sentra komoditi kopi