Pemerintah Jepang buka beasiswa "Monbugakusho" 2019

id jepang

Pemerintah Jepang buka beasiswa "Monbugakusho" 2019

Jepang (reuters)

Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Kedutaan Besar Jepang membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa/i Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Jepang sebagai "research students" (S2/S3) tahun akademik 2019 melalui Program Beasiswa Pemerintah Jepang atau Monbugakusho.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa, Kedutaan Besar Jepang melampirkan sejumlah persyaratan utama bagi para calon peserta untuk mengikuti seleksi program beasiswa tersebut.

Syarat tersebut antara lain, pelamar merupakan warga negara Indonesia, pelamar lahir pada atau setelah tanggal 2 April 1984, IPK dari jenjang pendidikan terakhir diutamakan minimal 3,2.

Selain itu, disyaratkan pula memenuhi nilai minimal kualifikasi bahasa asing seperti TOEFL 570, TOEFL-IBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 820, dan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (Nihongo Noryoku Shiken) minimal lulus level 2/N2.

Bagi penerima beasiswa, peserta akan memperoleh akomodasi tiket pergi-pulang, uang masuk universitas, uang kuliah, dan uang bulanan untuk kehidupan sehari-hari dari pemerintah Jepang.

Pendaftaran secara daring dan formulir dapat diperoleh pada laman web Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_rs2019.html).

Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 8 Mei 2018, secara langsung atau dikirim melalui pos yang paling lambat sudah harus diterima pada tanggal yang sama.

Apabila terdapat pertanyaan mengenai program beasiswa ini, calon pelamar dipersilahkan untuk menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui alamat surat elektronik berikut: beasiswa@dj.mofa.go.jp.