Kejati kawal renovasi gedung rektorat IAIN Palu

id iain

Kejati kawal renovasi gedung rektorat IAIN Palu

Rapat persiapan pelaksanaan pekerjaan konstruksi (pre construction meeting) renovasi gedung Rektorat IAIN Palu, Kamis (3/5). (Foto Antara/Muhammad Hajiji)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah mengawal renovasi gedung Rektorat Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu tahun 2018.

Pengawalan itu dimaksudkan untuk memastikan dan menjamin bahwa pemanfaatan anggaran yang diperuntukan untuk renovasi gedung Rektorat IAIN Palu tidak menuai masalah pada kemudian hari.

"Melihat alokasi anggaran dan material yang tidak terlalu besar dalam kegiatan renovasi, maka kami optimistis kegiatan ini tidak akan menuai masalah," kata anggota TP4D Kejati Sulteng Armada SH, MH di Kampus IAIN Palu, Jumat.

Namun begitu, Armada meminta pelaksana kegiatan renovasi atau pemenang tender agar memerhatikan kualitas pekerjaan.

Ia juga menyebut bahwa rapat persiapan pelaksanaan pekerjaan konstruksi (pre-construction meeting) merupakan bagian tak terpisahkan dari kegiatan renovasi gedung rektorat IAIN Palu.

Karena, urai dia, kesepakatan-kesepakatan yang terbangun dalam rapat persiapan pelaksanaan konstruksi dijalankan dalam pelaksanaan renovasi gedung itu.

"Karena itu rapat persiapan pelaksaan konstruksi harus diikutkan dengan penandatanganan berita acara, yang melibatkan semua pihak," ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr Abidin Djafar menyatakan kegiatan renovasi gedung rektorat harus berjalan sesuai ketentuan perundangan.

"Pak rektor menginginkan dan menekankan bahwa pelaksanaan renovasi harus sesuai dengan ketentuan perundangan yang ada. Tidak boleh tabrak aturan," kata Abidin Djafar.

Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi, sebut Abidin, menginginkan agar pelaksanaan renovasi dapat berakhir dan digunakan sebelum pelaksanaan Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XVIII di Palu, dimana IAIN sebagai tuan rumah penyelenggara.

AICIS direncanakan akan dihadiri 3.000 orang termasuk pembicara dari dalam dan luar negeri yang mengisi berbagai kategori diskusi.

Kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada 17 - 20 September 2018, dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Karena itu, ia meminta agar semua komponen yang terlibat dalam renovasi Rektorat IAIN Palu bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Semua komponen atau pihak yang terlibat untuk bekerja sesuai tugas dan fungsi," pintanya.

Kegiatan renovasi gedung Rektorat IAIN Palu telah dimulai dan direncanakan akan berakhir pada awal Agustus 2018.