Rupiah senin sore melemah ke Rp13.973

id rupiah

Rupiah senin sore melemah ke Rp13.973

Ilustrasi (FOTO/Widodo S. Jusuf/nz/16)

Nilai tukar rupiah mengalami depresiasi terhadap dolar AS menyusul laporan ekonomi Indonesia lebih lambat dari yang diharapkan pasar
Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore, bergerak melemah sebesar 40 poin menjadi Rp13.973 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.933 per dolar AS.

"Nilai tukar rupiah mengalami depresiasi terhadap dolar AS menyusul laporan ekonomi Indonesia lebih lambat dari yang diharapkan pasar," kata Research Analyst FXTM, Lukman Otunuga di Jakarta, Senin.

Ia mengemukakan perekonomian Indonesia pada triwulan I-2018 tumbuh 5,06 persen (yoy), di bawah perkiraan pasar yang sebesar 5,20 persen dan lebih rendah dari pertumbuhan periode sebelumnya yang sebesar  5,19 persen.

Kendati demikian, lanjut dia, adanya potensi konsumsi masyarakat yang meningkat pada triwulan kedua 2018 mendatang seiring bulan puasa, dapat menopang ekonomi Indonesia ke depannya.

"Mungkin ada perputaran di periode berikutnya jika belanja masyarakat meningkat," katanya.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan bahwa adanya intervensi oleh Bank Indonesia menjaga pergerakan nilai tukar rupiah relatif stabil di bawah level Rp14.000 per dolar AS.

"Rupiah relatif masih stabil di bawah Rp14.000 per dolar AS, diharapkansentimen dari dalam negeri dapat lebih positif untuk menarik minat pelaku pasar terhadap aset berdenominasi rupiah sehingga pelemahannya tidak lebih dalam," katanya.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin (7/5) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.956 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.943 per dolar AS.