Pemkot Palu-Pemkab Sigi bahas tapal batas

id hidayat,irwan,sigi

Pemkot Palu-Pemkab Sigi bahas tapal batas

Kunjungan Wali Kota Palu Hidayat didampingi sejumlah pejabat di jajaran Pemkot dan diterima Bupati Sigi Moh Irwan Lapata di Kantor Bupati Sigi, Senin (7/5). (Foto Antara/Humas Kota)

Kunjungan ini berkoordinasi dengan pemerintah Sigi membahas masalah tapal batas
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kota Palu menemui Pemerintah Kabupaten Sigi membahas tindak lanjut penyelesaian tapal batas wilayah kedua daerah tersebut.

Kunjungan itu dipimpin Wali Kota Palu Hidayat didampingi sejumlah pejabat di jajaran Pemkot dan diterima Bupati Sigi Moh Irwan Lapata di Kantor Bupati Sigi, Senin (7/5).

Kasus tapal batas antara Kota Palu dan Sigi ini sudah berlangsung lama, saat Sigi masih menjadi wilayah teritorial Kabupaten Donggala dan belum terselesaikan secara tuntas.

Setelah terjadi pemekaran pada 2009, Kabupaten Sigi menjadi daerah otonomi baru di Provinsi Sulawesi Tengah yang terpisah dari Kabupaten Donggala.

Ujung Kota Palu, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Sigi ini berada diwilayah Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan.

"Kunjungan ini berkoordinasi dengan pemerintah Sigi membahas masalah tapal batas,"kata Walikota, Hidayat di Sigi.

Di massa kepemimpinanya, Hidayat bersama wakilnya Sigit Purnomo Said bertekad untuk menyelesaikan masalah tapal batas wilayah itu, setelah sebelumnya dibicarakan di tingkat pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah yang melibatkan Pemerintah Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Hidayat mengatakan pemerintah kota berencana mengembangkan kota di wilayah perbatasan dengan mendorong pertumbuhan pembangunan infrastruktur Kota Palu.

"Rencananya akan dibangun sarana dan fasilitas embarkasi haji karena akses ke bandara cukup dekat, kemudian stadion sepak bola atau pusak aktivitas olahraga (sport center) dan juga asrama TNI-AU," jelasnya.

Menurut mantan penjabat Bupati Sigi tersebut, pemanfaatan lahan yang masih berstatus sengketa di wilayah perbatasan harus melibatkan dua pemerintah daerah untuk menyelesaikan.

Bupati Sigi Irwan Lapata mengatakan apa yang telah direncanakana pemerintah kota dalam pengembangan kawasan perkotaan dapat bersinergi dengan Pemkab Sigi.

"Apalagi rencana pemerintah kota membangun embarkasi haji tentu berdampak pada pengembangan Kabupaten Sigi," ujar Irwan Lapata.