20 distributor ikut pasar murah di Palu

id pasar murah

20 distributor ikut pasar murah di Palu

Massyarakat berbelanja dipasar murah (Foto Antara/Anas Massa)

Palu, (Antaranews sulteng) - Sebanyak 20 distributor dan sejumlah Industri Kecil Menengah (IKM) ikut berpartisipasi pada pasar murah di Palu, Sulawesi Tengah, 8-9 Mei 2018.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Zainuddin Hak, di Palu, Selasa, mengatakan kegiatan itu dibuka Gubernur Sulteng diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Elim Somba.

Gubernur Sulteng, Longki Djanggola berharap pasar murah dalam rangkah menghadapi Ramadhan tersebut dapat membantu masyarakat membeli berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan di pasar umum.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk stabilisasi harga guna menekan inflansi daerah.

Pemerintah dari pusat sampai daerah berkomitmen menjaga stabilitas harga juga kelancaran distribusi berbagai bahan kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran.

Untuk mengantisipasi kemungkinan naiknya harga kebutuhan pokok, terutama beberapa jenis komoditas yang menjadi perhatian seperti gula pasir, beras, minyak goreng dan daging, maka pemerintah melaksanakan sidak dan pasar murah.

Gubernur juga berharap masyarakat tidak panik dan memborong bahan pokok, karena itu bisa memicu pedagang menaikkan harga sepihak.

"Tidak usah khawatir kekurangan stok. Pemerintah tetap mengawasi dan meminta distributor menyediakan berbagai komoditi yang dibutuhkan masyarakat dalam jumlah memadai," kata Gubernur Longki.

Kepala Perum Bulog Sulteng Khozin menyiapkan stok beras, gula pasir dan minyak goreng dalam jumlah memadai selama pasar murah berlangsung.

"Stok beras di gudang Bulog saat ini sekitar 11.000 ton. Begitu pula minyak goreng dan gula pasir," katanya.