Ibu negara undang ratusan anak di istana

id iriana

Ibu negara undang ratusan anak di istana

Ibu Iriana Joko Widodo (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Yogyakarta,  (Antaranews Sulteng) - Ibu negara Iriana Joko Widodo bersama Ibu Wakil Presiden Mufidah Jusuf Kalla mengundang ratusan anak di Istana Kepresidenan, Gedung Agung, Yogyakarta, Senin.

Sebanyak 500 anak yang diundang terdiri atas yatim piatu, serta dari keluarga tidak mampu dari 25 yayasan yang ada di Derah Istimewa Yogyakarta dalam acara bertajuk "Bergembira Bersama Ibu Negara dan Ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla.

"Mau saya kasih pertanyaan siapa yang berani?," kata Iriana Jokowi kepada ratusan anak yang duduk bersila rapi di depannya.

Sontak, mendengar tantangan Iriana, Anak-anak yang hadir dalam acara itu saling berebut mengacungkan tangan. Ada tiga anak yang akhirnya mendapat kesempatan menjawab pertanyaan Iriana.

Ketiga anak itu ada yang diminta menyebutkan lima lagu daerah, menyebutkan nama-nama presiden RI, hingga menghafal Pancasila.

Salah satunya, siswi bernama Emirensiana (16) dari Panti Asuhan Brayat Pinuji, Pengasih, Kulon Progo. Ia mendapat kesempatan menyebutkan nama-nama Presiden RI pertama hingga ke-7. Meski terlihat canggung dan berpikir lama, Emi akhirnya mampu menyebutkan ketujuh nama presiden RI dengan benar dan mendapatkan sepeda onthel.

Emi mengaku kedua kalinya mendapatkan hadiah sepeda. Hadiah pertama ia dapatkan langsung dari Presiden Jokowi saat peluncuran Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kulon Progo pada 2017.

"Senang akhirnya bisa mendapatkan hadiah dari Ibu Negara juga. Kalau dulu saya diminta Pak Jokowi menyebutkan Pancasila," kata Emi sumringah.

Selain sepeda onthel, Iriana juga menyediakan hadiah laptop kepada anak-anak yang mampu menjawab pertanyaannya. Meski tidak semua mendapatkan sepeda dan laptop, namun seluruh anak-anak yang hadir mendapatkan tas, serta buku tulis.

Bukan hanya bagi-bagi hadiah, Iriana bersama Mufidah Jusuf Kalla serta sejumlah Istri Menteri Kabinet Kerja yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) mengajak anak-anak bergembira dengan bersama-sama menyanyikan lagu dolanan anak, lagu nasional. Mereka juga dihibur dengan atraksi badut.

Istri Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Nora Tristyana Ryacudu mengatakan program berbagi bergembira bersama anak-anak merupakan agenda yang sudah lama berlangsung dengan tujuan menumbuhkan semangat terhadap anak-anak.

"Ini bukan anak-anak biasa, tapi anak-anak yatim piatu yang perlu kita berikan kasih sayang lebih kepada mereka. Ibu Negara sangat perhatian kepada mereka," kata Nora.