Wabup Poso serahkan bantuan kepada mustahiq

id Poso,baznas,mustahiq

Wabup Poso serahkan bantuan kepada mustahiq

Wabub Poso Toto Samsuri menyampaikan sambutan pada pelepasan tim safari ramadhan 2017 di kediamannya di Poso, Rabu (31/5). (Antarasulteng.com/Feri)

Poso (Antaranews Sulteng) - Wakil Bupati Poso, Sulawesi Tengah, H.Samsuri bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Poso, menyalurkan dana zakat, infaq dan sedekah kepada mustahiq di Kecamatan Poso Kota, berlangsung di halaman Kantor Baznas Poso, Rabu (16/5).

Dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci Al Quran oleh Rahmi Ramadanti, Ketua Baznas Poso Kisman Lantang menyampaikan bahwa target penyaluran bantuan kepada sekira 400 mustahiq yang terdiri atas perwakilan empat kecamatan di Poso Kota dan Lage. 

Namun pada penyaluran kali ini, Baznas baru menyalurkan bantuan untuk 126 mustahiq dari Kecamatan Poso Kota. 

"Harapannya target penyaluran bantuan di empat kecamatan tersebut dapat terselesaikan di bulan ramadhan ini," kata Kisman dalam sambutannya di hadapan wakil bupati, perwakilan OPD Pemda Poso dan Ketua PHBI.

Baznas juga berencana akan melakukan pendataan mustahig di wilayah lainnya seperti di Kecamatan Poso Pesisir, Pamona Bersaudara dan Lore Bersaudara. 

Ia berharap dukungan dari sejumlah Organiasi Perangkat Daerah (OPD) lewat pengumpulan zakat, infaq dan sedekah dapat membantu pemerataan pendistribusian bantuan kepada kaum mustahiq.

Kisman berpendapat dengan meratanya bantuan itu dapat membantu daerah dalam menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu. 

Mengenai transparansi pengelolaan bantuan, ia menegaskan telah dilakukan pelaporan secara terbuka melalui sistem informasi Baznas yang dapat dipantau masyarakat melalui media daring (online).

Apresiasi atas peran Baznas terhadap kaum mustahiq disampaikan Wakil Bupati Poso Samsuri yang menyebut bahwa kegiatan yang dilakukan Baznas adalah kegiatan mulia di bulan suci ramadan 1439 hijriah. 

"Ini sangat mulai karena membagikan bantuan kepada fakir miskin, anak terlantar dan orang-orang yang berhak mendapatkan dana zakat dan infaq lainnya," ujarnya.

Pemerintah sangat mendukung program Baznas karena sinergis dengan program pemerintah dalam mendukung kegiatan ekonomi masyarakat khususnya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan.

Kegiatan itu ditutup dengan penyerahan secara simbolis bantuan kepada tujuh perwakilan mustahiq dari kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Poso Kota. (Humas Pemda Poso)