Bulog Sulteng berperan penting kendalikan harga pangan

id somba

Bulog Sulteng berperan penting kendalikan harga pangan

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulteng Dr Bunga Elim Somba (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu, (Antaranews Sulteng ) - Perum Bulog Sulawesi Tengah berperan penting dalam mengendalikan harga bahan pangan kebutuhan masyarakat di daerah ini.

Asisten II Sekda Provinsi Sulteng Bunga Elim Somba di Palu, Sabtu mengatakan Bulog sangat membantu pemerintah daerah dalam menjaga kestabilan harga komoditas pangan, khususnya beras di pasaran.

Seperti diketahui bersama, kata dia, Perum Bulog selama ini proaktif dalam menggelontorkan beras medium ke pasar-pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Konsumsi terbesar beras medium selama ini adalah masyarakat menengah bawah.

Karena itu, beras medium harus selalu tersedia dalam jumlah memadai di pasaran agar masyarakat tidak mengalami kesulitan bahan pokok tersebut dengan harga yang terjangkau pula.

Pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET)empat komoditas pangan yaitu daging sapi beku, minyak goreng, gula pasir dan beras (medium/premium).

Pemprov Sulteng dan Pemkab/Pemkot di provinsi ini bersama tim satgas pangan rutin melakukan sidak ke pasar tradisional, modern dan juga gudang-gudang milik swasta maupun BUMN, termasuk gudang Bulog.

Hingga memasuki ramadhan, kata Elim, harga pangan di Sulteng cukup terkendali.

Ia mencontohkan, harga beras medium maupun premium di pasaran bertahan di bawah HET yang ditetapkan pemerintah. Beras medium terendah Rp9.200/kg dan beras premium tertinggi Rp12.500/kg.

HET beras medium Rp9.450/kg dan beras premium Rp12.800/kg. Gula pasir Rp12.500/kg dan daging sapi beku Rp80.000/kg.

Bulog, katanya tidak hanya menyediakan beras, tetapi komoditas pangan lainnya seperti minyak goreng, gula pasir, bawang merah dan bawang putih.

Ia berharap Bulog tetap gencar mensuplai beras ke pasar-pasar tradisional agar stok tetap tersedia dalam jumlah memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.