Kakanwil : alumni madrasah harus hafal al-quran

id Quran

Kakanwil : alumni madrasah harus hafal al-quran

Ilustrasi membaca Al-Quran (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra) (.)

Kita harus punya target seperti itu. Itulah yang menjadi harapan dan impian kita semua
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tengah Rusman Langke menyatakan alumni madrasah harus dapat menghafal Al Quran.

"Seluruh madrasah negeri di Sulteng saya harap mampu melakukan penguatan bidang eksrakulikuler hafalan lima juzz Al Quran kepada siswa sampai lulus," katanya pada sinkronisasi data dan tela`ah usulan anggaran Zona I, Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong, Sigi dan Donggala, di salah satu hotel, di Kota Palu, Jumat (18/5).

Menghafal Al Quran ini merupakan meningkatkan kualitas anak didik sesuai dengan keunggulan madrasah.

Menurut Rusman, saat menjadi Kakanwil Kemenag di Provinsi Gorontalo, dirinya mengetahui bahwa MAN IC Gorotalo memiliki target semua anak didiknya mampu menghafal minimal lima juz Al Quran sebelum meninggalkan sekolah.

"Itu target, tapi pada kenyataannya hampir 70 persen mereka bisa hafal di atas 10 juz, bahkan ada yang sampai 30 juz," ujarnya.

Bukan hanya MAN IC saja, Rusman juga mengajak seluruh MAN dan MTs negeri di Sulteng bisa melakukan hal tersebut karena madrasah beda dengan sekolah umum, dan perbedaan itu harus ditonjolkan.

"Kita harus punya target seperti itu. Itulah yang menjadi harapan dan impian kita semua," harap Kakanwil.

Harus dipahami, kata Kakanwil, madrasah berbeda dengan sekolah umum, karena punya keunggulan Al Quran, hadits, aqidah akhlak, sejarah kebudayaan Islam, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Fiqih.

Terkait dengan itu, Kepala MAN IC Kota Palu Soim Anwar menyatakan apa yang dikatakan Kakanwil adalah kewajiban sebagaimana yang ada dalam kurikulum MAN IC.

"MAN IC Gorontalo dan Serpong sama kurikulumnya. Disamping anak-anaknya menguasai bidang Imtaq, juga harus menguasai bidang Iptek. Alhamdulillah, pembinaan hafalan Al Quran juga menjadi program utama di MAN IC Kota Palu, walaupun belum merata. Ada yang hafal dua dan tiga juz. Tapi ada siswa yang baru kelas X sudah ada yang hafal 5 juz," jelas Soim.

Sebagai pendidik, pihaknya tetap memberikan dukungan keberhasilan anak-anak dalam menggapai cita-cita mereka dan senantiasa menyeimbangkan antara penguasaan ilmu agama dan ilmu umum.

(T.KR-FZI/R007)

(T.KR-FZI/C/R007/R007) 19-05-2018 18:33:28