Trump desak China jaga perbatasan dekat Korut jelang pertemuan puncak

id trump

Presiden Amerika Serikat Donald Trump. (REUTERS/Kevin Lamarque)

Washington,  (Antaranews Sulteng) - Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Senin mendesak China menjaga perbatasan aman dengan Korea Utara, menekan Beijing menjelang pertemuan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada bulan depan untuk pelucutan nuklir.

"China harus terus menjadi kuat & ketat di Perbatasan Korea Utara sampai kesepakatan dibuat. Kabarnya adalah bahwa baru-baru ini Perbatasan menjadi jauh lebih berpori dan lebih banyak tersaring. Saya ingin ini terjadi, dan Korea Utara menjadi SANGAT sukses, tetapi hanya setelah penandatanganan!" kata Trump di Twitter.

Ia tidak menjelaskan lebih lanjut masalah perbatasan Korea Utara-China dalam setiap kesepakatan, yang mungkin dicapai dalam pelucutan nuklir itu. Trump mengatakan pertemuannya dengan Kim berlangsung pada 12 Juni di Singapura.

Pada pekan lalu, Pyongyang mengancam membatalkan pertemuan apa pun jika Washington terus mendesak pelucutan nuklir secara sepihak.

Sebagai tanggapan, Trump mengatakan bahwa sejauh yang dia tahu, pertemuan itu berjalan dan berusaha menenangkan Kim dengan mengatakan pemimpin Korea Utara akan dilindungi sebagai bagian dari kesepakatan.

Pada pekan lalu, Trump mengatakan kepada wartawan di Gedung Putih bahwa Kim mungkin dipengaruhi Beijing, sekutu utama Korea Utara, setelah dua kunjungan baru-baru ini ke China.

(Uu.KR-DVI)
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar