KPU Parigi Moutong segera sortir surat suara

id surat suara

Ilustrasi (antaranews)

Idealnya empat hari setelah logistik (surat suara) tiba ditempat sudah harus dilakukan sortir, termasuk dalam SOP itu membahas teknis pelipatan surat suara apakah menggunakan tenaga di luar KPU atau seperti apa
Parigi (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dalam waktu dekak akan melakukan penyortiran sekaligus pelipatan surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di abupaten itu.

Ketua KPU Parigi Moutong Amelia Idris di Parigi, Jumat mengatakan, bahwa pihaknya masih menunggu penysunan standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan penyortiran, sebab SOP akan mejadi acuan dalam kegiatan terseut.

"Idealnya empat hari setelah logistik (surat suara) tiba ditempat sudah harus dilakukan sortir, termasuk dalam SOP itu membahas teknis pelipatan surat suara apakah menggunakan tenaga di luar KPU atau seperti apa," ujar Amelia.

     

Ia memaparkan KPU diberi tenggang waktu oleh penyedia jasa itu hingga (18/6) atau selama 24 hari setelah surat suara tiba di tempat untuk dilakukan klaim jika proses penyortiran ditemukan ada surat suara rusak.

Surat suara tiba di KPU Parigi Moutong pada Kamis (24/5) petang melalui jalur darat menggunakan jasa Kantor Pos Indonesia, dimana jumlah surat suara yang didistribusi tersebut sebanyak 305.472 lembar.

Pencetakan surat suara berdasarkan jumlah pemilih ditambah 2,5 persen dari jumlah itu sebagai cadangan, sementara 2.000 surat suara tambahan digunakan jika sewaktu-waktu terjadi pemungutan suara ulang (PSU) di TPS.

Kasubag Umum, Keungan dan Logistik KPU Parigi Moutong Ardin memaparkan, pengiriman logistik dari tempat percetakan di Malang Jawa Tengah menuju Palu menggunakan jaur laut kemudian didistribusi ke Parigi Moutong menggunakan transportasi darat, dimana tiba ditempat sekitar pukul 17.00 Wita.

"Surat suara tiba ditempat sekitar 154 kardus. satu kardus berisikan 2.000 lembar suart suara dan serah terima surat suara itu disaksikan masing-masing tim pasangan calon," tuturnya.

Baca juga: KPU Parigi Moutong cetak 305.000 surat suara
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar