Menkominfo: Palapa Ring tengah selesai september 2018

id palap

Raker Pembahasan Palapa Ring Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menjawab pertanyaan anggota Komisi I dalam rapat kerja di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (18/4/2016). Rapat kerja tersebut membahas laporan data izin penyelenggaraan stasiun televisi dan radio, serta perkembangan pembangunan program Palapa Ring. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meyakini proyek Palapa Ring paket tengah selesai September 2018 setelah menyaksikan langsung penggelaran kabel laut di Perairan Tateli, Pineleng, Minahasa, Sulut.

Keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, menyebutkan Rudiantara harus datang langsung ke lokasi untuk memastikan pemasangannya berjalan dengan lancar.

"Untuk memastikan semua selesai akhir 2018. Jadi, Agustus bisa selesai, kemudian uji stabilitas sampai September," kata dia.

Rudiantara juga meminta bantuan Gubernur Sulawesi Utara untuk memastikan selesainya perizinan agar bisa mempercepat pemasangan kabel laut.

Pembangunan Palapa Ring, menurut dia, merupakan salah satu upaya Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla mewujudkan Nawacita yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dalam kerangka negara kesatuan.

Proyek tol informasi Palapa Ring merupakan pembangunan serat optik yang membentang di seluruh Indonesia dan dibangun oleh operator telekomunikasi serta pemerintah.

Palapa Ring yang akan menjadi tulang punggung jaringan telekomunikasi pita lebar (broadband) tersebut terdiri atas tiga paket yakni barat, tengah, dan timur.

Proyek Palapa Ring paket tengah akan menghubungkan 17 kota dan kabupaten yang berada di Provinsi Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara dengan panjang kabel optik mencapai 2.700 km.

"Jika Palapa Ring selesai, maka semua kabupaten di Indonesia akan terhubung dengan jaringan serat optik. Dengan demikian, layanan yang ada di Jawa dan daerah lain tidak memiliki 'gap' yang besar," ucap Menkominfo. 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar