Target produksi padi Parigi Moutong 307.976 ton

id padi

Target produksi padi Parigi Moutong 307.976 ton

Mesin Panen Padi (Foto Antara)

...target produksi panen padi tahun ini kurang lebih 30 persen dari total target Sulteng, dimana Parigi Moutong merupakan Kabupaten yang berada diperingkat atas target produksi.
Parigi,  (Antaranews SUlteng) - Pemerintah Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menargetkan produksi padi sawah milik petani tahun 2018 kurang lebih 307.976 ton.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Parigi Moutong Nelson Metubun di Parigi, Minggu mengatakan, target produksi panen padi tahun ini kurang lebih 30 persen dari total target Sulteng, dimana Parigi Moutong merupakan Kabupaten yang berada diperingkat atas target produksi.

Kendati demikian, Parigi Moutong telah menetapkan luas tanam pertanian padi sawah seluas 59.088 hektare untuk mendukung capaian target produksi tersebut.

Lanjut dia, target dengan jumlah angka yang cukup besar ini perlu dukungan dari Pemprov Sulteng, sebab Parigi Moutong merupakan salah satu daerah yang paling besar kontribusinya terhadap ketahanan pangan Sulteng khususnya dari sektor beras.

Baca juga: Pemprov Sulteng optimistis tingkatkan produksi padi

Paling tidak pemerintah Provinsi memberikan tamban kuota pupuk bersupsidi kepada para petani atau penambahan anggaran pertaninan baik melalui APBN maupun APBD sebagai upaya mendukung keberlangsungan produksi padi.

"Bicara soal pupuk yang tersedia di lapangan, jumlahnya tidak memadai dengan luas tanaman dan saat ini ketersediaan pupuk hanya sekitar 29.335 ton," ungkapnya.

Ia memaparkan, Parigi Moutong memiliki sejumlah kantong produksi pertanin padi sawah yakni wilayah selatan mulai dari Kecamatan Sausu, Balinggi, Torue dan Parigi selatan, wilayah tengah meliputi Kecamatan Toribulu, Kasimbar, Sidoan dan Mepanga, sementara wilayah utara mencakup Kecamatan Bolano dan Bolano Lambunu serta sebagian Desa Taopa dan Moutong.

"Wilayah-wilayah yang menjadi sentra ini perlu dioptimalkan seperti pasokan pupuk perlu ditambah agar hasil panen melimpah," ujarnya.

Ia mengaku, meski dengan segala keterbatasan, namun Parigi Moutong 2017 lalu mencapai 115.000 ton sehingga mampu menopang ketahanan pangan sepanjang setahun ke depan.

"Petanin sebagai mitra pemerintah lebih perlu kerjasama yang baik sehingga diharapkan taget tersebut bisa tercapai," tuturnya.

Berdasarkan total target produksi Sulteng, Parigi Moutong diurutan pertama 307.976 ton disusul Kabupaten Banggai 213.719 ton, kemudian Poso 158.570 ton,Sigi 129.214 ton,Donggala 122.187 ton, sedangkan target produksi terendah yakni Kabupaten Banggai Kepulauan hanya 3.021 ton disusul Kota Palu 3,483 ton.

Baca juga: Gubernur: Parigi Moutong harus tingkatkan produksi beras