42 Pemberontak Kurdi Tewas Di Turki

id pemerontak, kurdi, tewas

Diyarbakir - Empat puluh dua  pemberontak Kurdi dan tentara Turki tewas selama tiga hari pertempuran di satu kota Turki Tenggara yang didominasi suku Kurdi, kata sumber-sumber keamanan setempat  Jumat.

Bentrokan-bentrokan terjadi di dekat kota Semdinli, yang terletak dekat dengan perbatasan Irak dan Iran yang telah mengalami  lonjakan  pertempuran antara Partai Pekerja Kurdistan (PKK) terlarang dan tentara Turki sejak Juli, kata sumber-sumber.

Pada Kamis, seorang tentara tewas dalam bentrokan yang meletus antara pasukan keamanan Turki dan anggota PKK di Semdinli.

Tentara Turki membalas dengan serangan udara pada anggota PKK di kota itu, menewaskan 13 pemberontak, kata sumber tersebut.

Pertempuran itu terjadi setelah sebuah bom mobil menargetkan kendaraan polisi meledak di kota pada Ahad, menewaskan seorang anak 11-tahun dan melukai 18 orang lainnya dalam serangan yang dituduhkan kepada pemberontak Kurdi.

PKK dicap sebagai organisasi teroris oleh Turki dan banyak
masyarakat internasional.

Sekitar 45.000 orang telah tewas sejak partai itu mengangkat senjata untuk mendapatkan otonomi Kurdi di Turki tenggara yang berpenduduk mayoritas suku ini pada tahun 1984.(ANTARA/AFP)