Warga potong pipa PDAM Luwuk karena sumbat drainase

id Luwuk,PDAM,Pipa

Warga potong pipa PDAM Luwuk karena sumbat drainase

Kondisi pipa milik PDAM Luwuk, Banggai, setelah dipotong warga karena menyumbat drainase. (Steven)

Hari ini hujan lebat dari jam sembilan pagi sampai malam. Bahkan sekarang masih hujan lagi. Kalau tidak dipotong pipanya dua rumah bisa kebanjiran terus
Luwuk, (antaranews sulteng) – Sebanyak 19 sambungan pipa air bersih milik PDAM Luwuk, dari pipa induk ke rumah pelanggan terpaksa dipotong warga BTN Nusagriya, Selasa, karena pipa itu menyumbat air hujan di drainase.

Hendro Purnomo, warga BTN Nusagriya, mengungkapkan penataan jalur pipa oleh PDAM memang kerap dikeluhkan warga. Sebab, setiap kali hujan turun beberapa rumah warga terkena dampak melubernya air dari drainase karena tersumbat belasan pipa.

“Salah satu warga terpaksa mengambil inisiatif dengan memotong pipa PDAM yang menyumbat jalur air. Kalau tidak, maka rumah warga kebanjiran,” terang Hendro.

Ia menjelaskan, sejumlah pipa milik PDAM selama ini memang dipasang mengikuti drainase. Hal itu membuat jalur air terganggu, terlebih ketika intensitas hujan tinggi.

“Hari ini hujan lebat dari jam sembilan pagi sampai malam. Bahkan sekarang masih hujan lagi. Kalau tidak dipotong pipanya dua rumah bisa kebanjiran terus,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala PDAM Luwuk, Arwin Pakaya mengungkapkan akan segera memperbaiki kerusakan yang ada. Ia mengaku tidak mempermasalahkan pemotongan pipa oleh warga. Sebab, memang ada beberapa pipa yang dipasang mengikuti drainase dan itu sudah terpasang sebelum dirinya menjabat kepala PDAM.

“Tindakan itu tidak kami salahkan. Karena  memang banyak pipa di drainase. Nanti kita perbaiki lagi dan lakukan penataan pipa kembali,” kata Arwin.

Dia mengatakan dirinya sudah meminta bagian teknik PDAM segera memperbaiki pipa, sehingga pelanggan tidak dirugikan. Sebab, air bersih merupakan salah satu kebutuhan utama masyarakat.***

 
Pewarta :
Editor : Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar