Arus mudik - Terminal Mamboro Palu masih sepi

id mudik,terminal

Arus mudik - Terminal Mamboro Palu masih sepi

Penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik (Foto Antara/Anas Masa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Arus mudik lebaran di Terminal Induk Mamboro, Palu Utara hingga H-6 hari raya Idul Fitri 2018 masih terlihat sepi.

Kendaraan angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) yang tiba maupun diberangkatkan ke berbagai kota tujuan dalam dan luar Wilayah Sulteng pada, Sabtu banyak kursi yang kosong.

Kecuali bis AKAP, kata Darman, seorang petugas Dishub 90-an persen kursi terisi penumpang. "Tapi untuk bis AKDP yang melayani penumpang antarkota dalam provinsi Sulteng, penumpang tidak padat," kata dia.

Menurut dia, kemungkinan banyak warga yang selama ini mudik lebaran ke kampung halaman dengan menggunakan jasa transportasi darat milik perusahaan otobis (PO), banyak yang pulang kampung memanfaatkan mudik gratis.

Mudik gratis lebaran kali ini dilaksanakan Pemprov Sulteng dan juga dari Partai Naesdem Sulawesi Tengah. "Mungkin ini yang menyebabkan penumpang sepi, padahal hari ini sudah memasuki H-6 Lebaran, tetapi arus mudik belum menunjukan peningkatan," kata Darman.

Baca juga: MTI: pengemudi harus dipastikan sehat

Kondisi sama juga terlihat di Terminal Induk Tipo, Palu Barat. Di terminal itu tampak sepi dan hanya ada beberapa bis AKDP yangbaru tiba dan akan diberangkatkan.

Penumpangpun yang tiba maupun diberangkatkan tidak padat.

Budi, seorang sopir AKDP membenarkan penumpang yang mudik kali ini tidak sepadat tahun-tahun sebelumnya.

Amiruddin, Kepala Terminal Tipo membenarkan arus mudik lebaran menggunakan moda angkutan umum lewat jalur darat tidak mengalami peningkatan berarti. Ada peningkatan, tetapi tidak signifikan.

Soal jumlah armada angkutan mudik lebaran, menurut dia, cukup memadai. Di terminal itu pula ada disiapkan posko pelayanan mudik lebaran dengan melibatkan sejumlah instansi, termasuk dari PT Jasa Raharja setempat.