Sigi siapkan Rp21 miliar bayar THR-Gaji 13

id irwan,sigi

Sigi siapkan Rp21 miliar bayar THR-Gaji 13

Bupati Sigi, Irwan Lapata (portalsulawesi.com)

Total yang dibayarkan THR dan gaji ke-13 dikurangi dengan beras sekitar Rp21 miliar
Sigi, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyiapkan anggaran kurang lebih Rp21 miliar untuk memenuhi pembayaran tunjangan hari raya atau THR dan gaji ke-13.

"Total yang dibayarkan THR dan gaji ke-13 dikurangi dengan beras sekitar Rp21 miliar," kata Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta, di Sigi, Sabtu.

Saat merespon kebijakan pemerintah pusat mengenai pembayaran THR dan gaji 13, sebut Irwan Lapatta, anggaran yang teralokasi untuk pembayaran THR dan gaji 13, diberikan kepada ASN berdasangkan golongan dan jabatan.

Ia mengatakan untuk THR, telah dibayarkan oleh Pemkab Sigi beberapa waktu lalu, dan kemungkinan telah sampai ke tangan ASN.

Namun, untuk gaji 13 akan dibayarkan oleh Pemkab Sigi pada bulan Juli 2018, sesuai amanah kebijakan pemerintah pusat.

Hampir keseluruhan daerah di Sulawesi Tengah lewat pemerintah daerah masing-masing telah membayar THR.

Pemerintah Propinsi Sulawesi Tengah menyiasati anggaran pembayaran tunjangan kinerja (tukin) dan tambahan penghasilan pegawai (TPP). Pemprov mengalokasikan sekitar Rp80 miliar untuk pembayaran THR, gaji 13, gaji 14, tukin dan TPP.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola mengatakan, untuk pembayaran kedua item tersebut berdasarkan perintah Menteri Keuangan terkait pembayaran Tunjangan Hari Raya Idul Fitri 2018 melalui Dana Alokasi Umum dan Perimbangan Daerah APBD Sulawesi Tengah.

Sebelumnya, Kementerian Keuangan mengingatkan pemerintah daerah (Pemda) yang tidak menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) mau pun gaji 13 bisa mendapatkan temuan audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) karena tidak menjalankan ketentuan hukum berlaku.

"Kalau tidak cairkan THR, jadi temuan BPK, karena pemeriksaan BPK ini berdasarkan peraturan UU," kata Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis.