Penumpang kapal di Banggai padat

id Pelabuhan Rakyat,Luwuk,Banggai

Suasana di Pelabuhan Rakyat Luwuk pada mudik lebaran H-4 Idul Fitri 1439 H/2018. Meski mengalami lonjakan penumpang dari dan ke sejumlah pulau di Banggai, tidak ada penambahan armada kapal. Situasi mudik di daerah itu aman dan lancar. (Antarasulteng/StevenPontoh)

Selain kapal dari pelabuhan rakyat ini, ada juga kapal yang melayani penumpang ke dua kabupaten tersebut. Yakni, kapal ferry ASDP
Luwuk, (Antaranews Sulteng) - Dalam sepekan terakhir Pelabuhan Rakyat Luwuk dipadati penumpang dari dan ke pulau-pulau di Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut. Meski begitu, tidak ada penambahan armada kapal pada rute pelayanan penyeberangan di daerah itu.

Kepala KP3 Luwuk, Iptu Andi Syamsuri, di Luwuk, Selasa, mengemukakan kepadatan penumpang mulai terlihat sepekan terakhir di pelabuhan rakyat itu. Namun, kondisi paling padat baru terlihat dua hari terakhir.

"Saat ini ada dua kapal tujuan ke pulau-pulau di Pelabuhan Rakyat. Satu kapal ke Banggai Laut, satunya lagi ke Salakan, Banggai Kepulauan," kata Andi Syamsuri.

Menurut dia, meski padat penumpang namun belum ada penambahan armada kapal. Pantauan Pos Pengamanan Pelabuhan yang beranggotakan gabungan instansi Polri, Syahbandar dan Dishub, menunjukkan jumlah penumpang yang ada masih mampu dilayani armada yang tersedia.

"Selain kapal dari pelabuhan rakyat ini, ada juga kapal yang melayani penumpang ke dua kabupaten tersebut. Yakni, kapal ferry ASDP," terang Andi.

Kota Luwuk menjadi tujuan masyarakat dari Kabupaten Banggai Kepulauan dan Kabupaten Banggai Laut untuk berbelanja. Oleh karena itu, pada momen seperti hari raya kota kecil dan paling ramai di Sulteng bagian timur ini padat pengunjung.***
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar