Arus mudik - Jasa Raharja Sulteng pantau korban di rumah sakit

id afandi,rumah sakit

Arus mudik - Jasa Raharja Sulteng pantau korban di rumah sakit

(Foto Antara/Anas Masa/)

Tidak hanya di Palu saja, tetapi juga di setiap kabupaten di Sulteng," kata dia.
Palu,  (Antaranews Sulteng) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Sulawesi Tengah menerjunkan sejumlah personil memantau korban kecelakaan lalulintas yang dirawat di rumah sakit di seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja Sulteng, Safarudin di Palu, Kamis mengatakan selain menyiapkan posko layanan kesehatan gratis di beberapa titik, termasuk di Kota Palu, juga petugas mobile keliling semua rumah sakit yang ada di provinsi itu.

"Tidak hanya di Palu saja, tetapi juga di setiap kabupaten di Sulteng," kata dia.

Petugas Jasa Raharja secara mobile mendatangi IGD dan juga mengunjungi korban kecelakaan lalulintas(lakalantas) yang ada di rumah sakit tersebut.

Ia mengemukakan petugas Jasa Raharja akan mendata setiap korban lakalantas untuk kemudian memberikan surat garansi untuk pembayaran rumah sakit bagi korban cedera.

Sementara korban yang meninggal dunia, kata Safarudin, santunannya langsung dibayarkan, jika semua persyaratan administrasi sudah rampung.

"Kami berusaha dana santunan bagi korban meninggal dunia dibayarkan secepatnya," katanya.

Menurut dia, kalau perlu hari itu juga santunan disalurkan kepada ahli waris korban.
Petugas Jasa Raharja Sulteng, Afandi Lawido sedang mendata korban lakalantas yang dirawat  di rumah sakit


Dan itu sudah dilakukan oleh Jasa Raharja pada korban meninggal dunia akibat lakalantas yang terjadi sejak H-7 sampai H-1 lebaran.

Khusus korban yang cidera dan menjalani perawatan di rumah sakit, Jasa Raharja cukup memberikan surat jaminan kepada pihak rumah sakit.

"Yang pasti biaya perawatan korban akan ditanggung oleh Jasa Raharja sesuai dengan batas maksimum yang ditetapkan pemerintah," kata Safarudin.

Dia juga menjelaskan bahwa pembayaran dana santunan korban menunggal dunia dilakukan melalui rekening bank.

Bank yang selama ini telah bermitra dengan Jasa Raharja adalah BRI. "Kalau ahli warisnya punya rekening BRI, maka prosesnya bisa cepat,meski hari libur," kata dia.

Tetapi jika rekening bank lain, tentu harus dilakukan pada hari kerja.