Piala Dunia 2018 - Costa pemain pertama diuntungkan dengan teknologi VAR Piala Dunia

id piala dunia,teknologi var

FIFA VAR Refereeing Project Leader Roberto Rosetti (atas) menunjukkan ruang operasi video (VOR), fasilitas sistem Video Assistant Referee (VAR) yang akan diluncurkan untuk pertama kalinya di Piala Dunia, di Moskow, Rusia 9 Juni , 2018. (REUTERS / Sergei Karpukhin)

Sochi, Rusia,  (Antaranews Sulteng)  - Gol Diego Costa untuk menyamakan kedudukan Spanyol saat melawan Portugal pada Jumat waktu setempat merupakan gol pertama di Piala Dunia yang diberikan wasit setelah melihat rekaman pertandingan dengan menggunakan teknologi video asisten wasit (VAR).

Gol striker Spanyol itu disahkan wasit meski sempat berbenturan dengan bek Portugal Pepe.

Costa berlari ke arah bek tengah Portugal tersebut sebelum mencetak gol untuk menyamakan kedudukan di menit ke-24 setelah sebelumnya Cristiano Ronaldo membukukan gol Portugal lewat penalti di menit ke-4.

Wasit Italia Gianluca Rocchi memberi gol setelah berkonsultasi dengan tim VAR.

Sistem VAR, yang diujicobakan di Liga Jerman (Bundesliga) dan Liga Italia (Serie A) pada musim lalu, memungkinkan asisten video untuk meninjau keputusan di mana setiap kesalahan akan "terlihat dengan jelas".

Selanjutnya masih pada babak pertama, pemain tengah Spanyol Isco meminta Rocchi untuk kembali berkonsultasi dengan asisten video itu ketika tembakan Andres Iniesta membentur bagian bawah gawang.

Wasit Italia itu mengatakan bahwa dirinya akan menerima sinyal di jam tangan yang dikenakan serta tersambung dengan teknologi garis gawang apabila bola telah melewati garis.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar