Tradisi "Lebaran Ketupat", warga padati objek wisata

id wisata,lebaran ketupat,pantai minahaki,pantai pandan wangi

Suasana keluarga yang sedang menikmati Pantai Minahaki di Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai. (Foto Antara/Fauzi Lamboka)

Ini menjadi tempat rutin yang kami kujungi bersama keluarga setiap tahun
Luwuk, (Antaranews Sulteng) - Ribuan warga di Kecamatan Toili dan sekitarnya di Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah memadatai sejumlah objek wisata untuk merakayan tradisi "lebaran ketupat" usai hari raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Salah satu destinasi wisata yang ramai dikunjungi tiap tahunnya yakni Pantai Minahaki di Desa Minahaki, Kecamatan Toili yang dikenal pula dengan pantai seribu pohon cemara.

"Ini menjadi tempat rutin yang kami kujungi bersama keluarga setiap tahun," kata Nur Wijayanti, salah seorang pengunjung yang datang bersama keluarganya, Jumat.

Menurut dia, keistimewaan destinasi tersebut yakni pasir putinya yang bersih, juga tempatnya yang teduh sepanjang hari, bagi mereka yang datang dengan keluarga untuk datang merayakan lebaran ketupat.

Lebaran ketupat merupakan tradisi yang sering dilakukan masyarakat Jawa pada umumnya, dimana dilaksanakan sepekan sesudahnya hari raya Idul Fitri atau pada tanggal 8 Syawal tahun Hijriah. Sementara Dataran Toili merupakan wilayah transmigrasi di Kabupatan Banggai yang sebagian beras merupakan suku Jawa.

Ketupat adalah jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong yang kemudian dimasak dalam waktu lama.

"Selain ketupat, kami juga membawa lontong dan beberapa makanan lainnya," ujar Nur.

Kata Nur, objek wisata ini telah lebih baik dari kunjungannya tahun 2017 lalu, dimana saat itu akses jalan masuk ke lokasi sudah sangat baik, tidak seperti dulu yang becek dan berlumpur.

"Karna jalannya sudah bagus, ramai sekali orang yang datang, bahka untuk masuk saja, hampir satu jam lamanya," ujar Nur.

Destinasi lainnya yang juga dikunjungi adalah Pantai Pandan Wangi di Kecamatan Toili Barat. Sama halnya dengan Pantai Minahaki, masyarakat memadati objek wisata untuk itu merayakan lebaran ketupat bersama keluarga.

Kapolres Banggai AKBP Moch. Sholeh yang dihubungi mengatakan pihaknya telah memerintahkan kepada para Kapolsek setempat untuk menjaga keamanan dan ketertiban di setiap objek wisata, yang ramai dikunjungi masyarakat. 
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar