TPS wilayah terpencil siap lakukan pemungutan suara di Pilkada Parimo

id Parimo,Pilkada,TPS,kpu

Usai debat publik putaran ketiga Pilkada Parigi Moutong para pasangan calon bupati-wakil bupai bergandengan tangan bersama komisioner KPU dan Dewan Pakar sebagai simbol Pilkada aman dan damai, Kamis (31/5) malam. (Foto Antara/Moh. Ridwan)

Sebanyak 79 TPS pada 10 desa terpencil dan 21 TPS di tiga desa yang dikategorikan sulit
Parigi, (Antaranews Sulteng) - KPU Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, memastikan seluruh tempat pemungutan suara di wilayah terpencil siap melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara pada Pilkada 27 Juni 2018.

"Sebanyak 79 TPS pada 10 desa terpencil dan 21 TPS di tiga desa yang dikategorikan sulit," kata Komisioner KPU Parigi Moutong, Haris di Parigi, Sabtu.

Dari hasil rekapitulasi yang dilakukan pihak penyelenggara, TPS pilkada di Parigi Moutong sebanyak 855 TPS yang tersebar di 23 kecamatan dan 283 desa/kelurahan.

Pada H-5 pelaksanaan pemungutan suara di kabupaten itu, KPU telah mendistribusikan sebagian logistik diantaranya Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan surat pemberitahuan pemilih atau formulir model C6 KWK.

"Dipastikan H-3 pilkada semua logistik sudah didistribusikan ke PPK dan H-1 logistik telah berada di TPS masing-masing," kata Haris.

Khusus TPS terpencil, kata Haris, menjadi prioritas KPU khususnya pada penyaluran logistik, mengingat kondisi geografis yang sulit dilalui kendaraan roda dua, maupun roda empat serta jarak tempuh yang cukup jauh.

"Berdasarkan pengalaman kami, tidak ada masalah, semua masih berjalan normal termasuk wilayah-wilayah terpencil" ujarnya.

Di samping itu, upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat terpencil menyalurkan hak pilihnya, KPU sebagai penyelenggara teknis telah memberikan pendidikan politik secara aktif melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kecamatan, maupun Desa/Kelurahan serta upaya mendekatkan TPS kepada pemilih.

Distribusi logistik Pilkada akan dibantu pihak Kepolisian setempat termasuk pengamanan hingga TPS.

Pilkada Parigi Moutong diikuti tiga pasangan calon, yakni nomor urut 1 Samsurizal Tombolotutu/Badrun Nggai (Sabar) yang juga merupakan petahana, nomor urut 2 Erwin Burase/Rahmawati M Nur (Erabaru) dan pasangan nomor urut 3 Amrullah Almahdali/Hj Yufni Bungkundapu (Amin) diusung Partai Demokrat dan Hanura.

Tahapan kampanye akan berakhir pada Sabtu dan masuk massa minggu tenang sehingga semua pasangan calon tidak diperkenankan melakukan kegiatan politik.
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar