Piala Dunia 2018 - Rusia menelan kekalahan dari Uruguay 0-3

id piala dunia,uruguay,rusia

Piala Dunia 2018 - Rusia menelan kekalahan dari Uruguay 0-3

Dari kiri Mario Fernandes dari Rusia, Roman Zobnin dan Sergei Ignashevich memuji para penggemar setelah pertandingan. (REUTERS/Dylan Martinez)

Jakarta,  (Antaranews Sulteng) - Keperkasaan tuan rumah Rusia berakhir setelah pada pertandingan penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 harus menelan kekalahan dari Uruguay dengan skor 0-3 di Samara Arena, Rusia, Senin.
Berdasarkan data yang dihimpun dari laman FIFA, pada pertandingan pertama Rusia mampu menang besar atas Arab Saudi dengan skor 5-0 dan di pertandingan kedua menang 3-1 atas Mesir yang saat itu diperkuat bintangnya yaitu Muhammad Salah. 
Pertandingan penyisihan terakhir Grup A ini berlangsung ketat sejak awal pertandingan karena keduanya sama-sama mencari kemenangan demi menjadi juara grup. Namun pada pertandingan ini justru Uruguay yang bermain lebih impresif. 
Uruguay bahkan langsung mengancam terlebih dahulu. Namun upaya yang dilakukan belum membuahkan hasil. Adalah Luis Suarez yang mampu memecah kebuntuhan pada menit 10. Tendangan bebas pemain Barcelona ini tidak mampu dihadang penjaga gawang Rusia dan kedudukan menjadi 1-0.
Dalam kondisi tertinggal, Rusia yang dimotori oleh Ilya Kutepov langsung berusaha mengejar ketertinggalannya. Namun apa yang dilakukan tim tuan rumah selalu terbendung benteng terakhir Uruguay, Fernando Muslera.
Terus menekan, Rusia ternyata lengah dalam bertahan. Lewat serangan yang terkoordinasi dengan baik, Uruguay mampu menambah keunggulan pada menit 23. Gol tercipta melalui tendangan jarah jauh Diego Laxalt yang sebelumnya membentur salah satu pemain Rusia, Cheryshev dan bola masuk ke gawangnya sendiri. 
Unggul 2-0 ternyata tidak menyurutkan sengat Luis Suarez dan kawan-kawan
Tekanan demi tekana dilakukan yang salah satunya lewat Cavani. Namun upaya yang dilakukan masih sering tertahan.
Pertandingan antara Uruguay melawan Rusia ini bahkan cenderung keras dan dampaknya salah satu pemain tuan rumah yaitu Smolnikov harus mendapatkan kartu merah setelah sebelumnya mendapatkan dua kartu kuning. Meski Rusia berusaha menekan, kedudukan tetap 0-2 untuk Uruguay hingga babak pertama usai.
Memasuki babak kedua pertandingan tetap berlangsung dengan ketat. Edinson Cavani yang ingin mengejar gol pertamanya terus membombardir pertahanan Rusia. Hanya saja beberapa tendangan kerasnya mengarah ke samping gawang Igor Akinfeev.  
Rusia meski bermain sepuluh orang tidak mengendorkan semangatnya. Masuknya pemain baru seperti Smolov yang menggantikan Miranchuk membuat pola serangan membaik. Namun, kuatnya pertahanan Uruguay yang dimotori Diego Godin membuat serangannya selalu tertahan.
Uruguay juga mendapatkan peluang lewat pemain pengganti, Rodriguez pada menit 82. Hanya saja tendangan kerasnya dari luar kotak pinalti mampu diblok oleh Igor Akinfeev. Begitu juga dengan tendangan Cavani menit 86 yang mampu dibelokkan pemain Rusia lainnya.
Namun, Cavani tidak patah semangat dan akhirnya mampu menuntaskan misinya dengan menciptakan gol ketiga bagi timnya pada menit 90. Gol tercipta setelah pemain PSG itu meneruskan bola muntah dari blok penjaga gawang Rusia. Kedudukan 3-0 ini bertahan hingga pertandingan usai
Dengan kekalahan atas Uruguay, Rusia harus puas berada di peringkat dua klasemen Grup A dengan enam poin dari tiga pertandingan. Sedangkaan Uruguay menjadi juara grup dengan sembilan poin dari tiga pertandingan. 
Berikut susunan pemain Uruguay melawan Rusia :
Uruguay: Fernando Muslera; Martin Caceres, Coates , Diego Godin, Diego Laxalt, Nandez/Rodriguez, Lucas Torreira, Rodrigo Bentancur/de Arrascaeta, Vecino, Luis Suarez, Edinson Cavani/Gomez.
Rusia: Igor Akinfeev; Cheryshev/Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Kudriashov, Roman Zobnin, Yuri Gazinksy/Kuzyaev, Aleksandr Samedov, Al Miranchuk/Smolov, Smolnikov, Artem Dzyuba.