Bupati ajak masyarakat Sigi maksimalkan pemanfaatan lahan

id sigi

Bupati ajak masyarakat Sigi maksimalkan pemanfaatan lahan

Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Irwan Lapata (tengah) (fb)

Lahan yang ada di seluruh wilayah Sigi cukup subur dan jika digunakan menanam komoditi-komoditi pertanian dan perkebunan, niscaya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat
 Sigi,  (Antaranews Sulteng) - Bupati Sigi, Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan Lapata mengajak masyarakat di daerahnya untuk memanfaatkan lahan yang ada untuk meningkatkan pedapatan dan kesejahteraan keluarga.

"Lahan yang ada di seluruh wilayah Sigi cukup subur dan jika digunakan menanam komoditi-komoditi pertanian dan perkebunan, niscaya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat," katanya di Sigi, Kamis.

Ia mengatakan pemerintah terus mendorong masyarakat mengembangkan berbagai komoditi yang memang sangat cocok dengan karakteristik wilayahnya.

Masyarakat sendiri harus inovatif dan kreatif untuk mengembangkan komoditi?bernilai ekonomi sehingga mampu memberikan hasil yang baik demi kesejahteraan hidup.

Menurut dia, jangan hanya terpaku kepada komoditi-komoditi tertentu, tetapi mencari komoditi lain yang dapat menambah penghasilan masyarakat.

Dia mengatakan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sigi dalam beberapa tahun ini dan ke depan telah memprogramkan satu desa satu produk unggulan.

Juga setiap kecamatan sudah ditetapkan komoditi apa yang cocok dikembangkan di wilayah itu.

Misalkan untuk wilayah Kulawi Raya di Kabupaten Sigi telah dicanangkan sebagai sentra pengembangan komoditi kopi,jagung, kedelai dan buah-buahan.

Di Kecamatan Pipikoro, kata Irwan, pemerintah telah memprogramkan pengembangan kopi satu desa dialokasikan 25 hektare untuk program tersebut.

Di Kecamatan Kulawi Raya yang meliputi Kecamatan Lindu, Kulawi, Pipikoro, dan Kulawi Selatan selama ini merupakan sentra produksi komoditi kopi.

Bahkan, kata bupati, kopi dari wilayah Kulawi sudah cukup terkenal tidak hanya di dalam,tetapi juga sampai diluar negeri.

Tidak heran jika setiap wisatawan mancanegera yang datang ke Sigi, biasanya menikmati kopi sebelum mereka kembali ke negaranya.