IAIN Palu siap gelar konferensi internasional islam

id iain

IAIN Palu siap gelar konferensi internasional islam

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, siap menyelenggarakan konferensi internasional Islam bertajuk `Annual International Conference on Islamic Studies` (AICIS) ke-18, pada 17 - 21 September 2018. (Foto Antara/Muh. Hajiji)

Iya, panitia pusat dalam hal ini Kementerian Agama dan pengarah kegiatan (steering committee) pada Kamis 28 Juni meninjau langsung kesiapan IAIN Palu
Palu, (Antaranews Sulteng) - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, siap menyelenggarakan konferensi internasional Islam bertajuk `Annual International Conference on Islamic Studies` (AICIS) ke-18, pada 17 - 21 September 2018.

 Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu sekaligus panitia penyelenggara Dr Abidin Djafar di Palu, Kamis, mengaku bahwa panitia pusat yang merupakan Kementerian Agama serta pengarah kegiatan telah melihat keseriusan dan kesiapan perguruan tinggi Islam negeri itu melaksanakan AICIS.

"Iya, panitia pusat dalam hal ini Kementerian Agama dan pengarah kegiatan (steering committee) pada Kamis 28 Juni meninjau langsung kesiapan IAIN Palu," ucap Dr Abidin Djafar.

Ia menjelaskan peninjauan itu sekaligus sebagai bentuk penguatan koordinasi panitia pusat AICIS dengan IAIN Palu sebagai tuan rumah penyelenggara terkait kesiapan menyelenggarakan AICIS.

Karena itu, sebut dia, tim panitia pusat AICIS meninjau langsung penetapan dan kelayakan hotel tempat nginap rombongan?Presiden RI Jokowi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin serta pejabat Kementerian Agama.

Ia mengaku bahwa IAIN Palu dan Kemenag telah membangun kesepahaman dan koordinasi untuk menghadirkan Presiden Jokowi membuka AICIS 18 di Palu.
Kementerian Agama dan pengarah kegiatan (steering committee) pada Kamis 28 Juni meninjau langsung kesiapan IAIN Palu (Foto Antara/Muh. Hajiji)


"Presiden Jokowi direncanakan membuka AICIS 18. Karena itu tim meninjau kelayakan tempat nginap pejabat negara meliputi rombongan Presiden Jokowi, rombongan Menteri Agama, dirjen, direktur serta tempat nginap panitia pusat," urai Abidin.

Ia mengutarakan, tim Kementerian Agama juga meninjau tempat pelaksanaan pembukaan AICIS. Hotel Mercure Palu direncanakan sebagai tempat berlangsungnya ceremonial pembukaan AICIS.

"Mereka memastikan tempat pembukaan AICIS mulai dari model panggung, model kursi, meja, dan latar belakang panggung, serta susunan acara AICIS," ujarnya.

Tim juga, sebut dia, memantau langsung koordinasi IAIN Palu dengan Pemprov Sulteng terkait kesiapan pemerintah Provinsi Sulteng menyambut kedatangan Presiden RI Jokowi.

Lanjut dia tim juga memastikan kesiapan IAIN Palu dalam hal infrastruktur seperti auditorium dan gedung SBSN tempat berlangsungnya diskusi.?

"Termasuk kekompakan panitia penyelenggara, itu juga menjadi hal yang di tinjau oleh tim panitia pusat," sebut Abidin.

AICIS ke-18 akan memberikan dampak terhadap promosi Kota Palu sebagai kota empat dimensi meliputi potensi wisata teluk, gunung, lembah dan sungai. AICIS jugs menjadi media promosi potensi wisata dan budaya serta kuliner di Sulteng secara umum.