Pariwisata tetap jadi sektor unggulan devisa

id wisata,obyek, HUT, Sigi, bupati

. Nelayan menangkap ikan merupakan salah satu pemandangan yang indah di Danau Lindu, yang merupakan obyek wisata andalan Kabupaten Sigi. (Antaranews Sulteng/Istimewa/)

 Sigi, (Antaranews Sulteng) - Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapata mengatakan pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan? meningkatkan perolehan devisa dan? perekonomian masyarakat di daerah itu.

 "Daerah kita terdapat banyak sekali destinasi wisata menarik dan unik sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah dan masyarakat," katanya di sela-sela Upcara Peringatan HUT Kabupaten Sigi ke-10 di lapangan Desa Berdikari, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Kamis.

 Ia mengatakan beberapa obyek wisata yang mulai ramai dikunjungi para wisatawan nusantara dan mancanegara seperti Pegunungan Matantimali sebagai lokasi olahraga paralayang.

 Lokasi tersebut paling disukai para atlet olahraga paralayang karena memiliki daya tarik tersendiri yang tidak ada samanya di Tanah Air.

Bahkan, kata Bupati Pegunungan Matantimali sudah beberapa kali dilaksanakan kejuaraan internasional paralayang dan juga menjadi salah satu lokasi pengamatan gerhana matahari total (GMT) pada Maret 2016.

 Saat itu ada banyak wisatawan mancanegara yang meneropong GMT dari lokasi Matantimali.

 Matantimali merupakan salah satu dari beberapa obyek wisata menarik yang kini mendapat perhatian dari Pemkab Sigi.

Destinasi wisata lainnya, air terjun? Desa Wera, penangkaran maleo, penangkaran tarsius, permandian air tawar di Desa Porame, Danau Lindu, Benda-benda sejarah di Kulawi, pakaian adat masyarakat Kulawi dan ada banyak lagi.

 Untuk menarik banyak wisatawan mnancanegara datang mengunjungi obyek-obyek wisata tersebut, Pemkab Sigi terus membenahi dan membangun sarana dan infranstruktur menuju destinasi wisata.

Seperti yang sedang dibangun antara lain jalan menuju destinasi wisata Danau Lindu. Dahulu jalannya hanya bisa dilewati kendaraan roda dua atau jalan kaki.

 Tetapi sekarang ini, kata Bupati Irwan, dari Desa Sadaunta, Kecamatan Kulawi menuju desa-desa di Kecamatan Lindu, jalannya sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.

 Bahkan sekarang ini sementara dibangun jaringan listrik PLN dari Desa Sadaunta sampai Desa Anca di Kecamatan Lindu.

Jika dibangun dermaga kapal yang ada di seberang Danau Lindu di Desa Kanawu.

 Pemkab Sigi terus berusaha untuk membuka jalan-jalan menuju destinasi wisata agar semakin banyak wisatawan yang datang. "Kalau wisatawan banyak datang, maka perolehan devisa akan meningkat. Begitupula dengan ekonomi masyarakat akan tumbuh lebih baik lagi," kata dia.
 
Pewarta :
Editor: Anas Masa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar