Panglima TNI dan Kapolri hadiri Haul Guru Tua

id Kapolri,panglima,haul,alkhairaat

Panglima TNI dan Kapolri hadiri Haul Guru Tua

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian (Antaranews Sulteng/istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan berkunjung ke Kota Palu, Jumat, dengan agenda utama menghadiri peringatan wafat (haul) ke-50 Habib Idrus bin Salim Aljufri.

Habib Idrus bin Salim Aljufri yang lebih dikenal dengan nama Guru Tua adalah pendiri Alkhairaat, sebuah ormas Islam terbesar di Indonesia Timur, yang haul emasnya pada 2018 ini akan diperingati ribuan warga Alkhairaat pada Sabtu, 30 Juni 2018.

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Herry Murwono yang dihubungi di Palu, Jumat, menjelaskan Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan tiba di Kota Palu pada Jumat, pukul 18.30 Wita dengan menumpang pesawat khusus TNI AU.

Kedua pucuk pimpinan di lingkungan TNI dan Polri tersebut akan disambut Panglima Kodam XIII/Merdeka Mayjen TNI Madsuni dan Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola di Bandara Mutiara Sis Aldjufri Palu.

Pada Sabtu (30/6) pagi mulai pukul 08.00 Wita, Panglima TNI dan Kapolri akan menghadiri rangkaian peringatan haul di komplex PB Alkhairaat Jalan Sis Aldjufri yang telah ditetapkan Pemkot Palu sebagai kawasan wisata religi itu.

"Tidak ada jadwal lain untuk bapak Panglima dan Kapolri selain menghadiri peringatan Haul ke-50 Guru Tua, pendiri Alkhairaat tersebut," ujar Herry.

Baca juga: Habib Saggaf : Alkhairaat Pertahankan NKRI

Setelah rangkaian acara haul, Panglima TNI dan Kapolri akan menunaikan shalat bersama PB Alkhairaat di masjid Alkhairaat sebelum meninggalkan Kota Palu untuk kembali ke Jakarta.

Dari PB. Alkhairaat diperoleh keterangan bahwa Panglima TNI dan Kapolri dijadwalkan memberikan sambutan pada acara haul tersebut yang akan dihadiri ribuan orang itu.

Sementara itu, di lokasi puncak peringatan haul Guru Tua, puluhan anggota TNI dan Polri membantu jajaran PB ALkhairaat untuk menyiapkan tempat penyelenggaraan acara.

Dalam rangkaian haul emas kali ini, digelar Festival Raudhah yang meliputi pameran kuliner, kerajinan khas Kota Palu, serta berbagai lomba kesenian bernuansa religi yang dibuka Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said.
 
Seorang pedagang membawa poster bergambar pendiri Perguruan Islam Alkhairaat, Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri atau akrab disapa " Guru Tua " untuk dijual kepada para pengunjung peringatan Haul pendiri Alkhairaat, di Palu, Sulawesi Tengah , Sabtu (9/8/2014). ((ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)