Polres Sigi gelar taligh akar redam konflik

id Mui polres

Polres Sigi gelar taligh akar redam konflik

Foto bersama Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri, Ketua MUI Palu Prof Dr H Zainal Abidin MAg dan seluruh pejabat yang hadir pada kegiatan tersebut, Minggu. (Antaranews Sulteng/Muhammad Hajiji)

....ternyata PAD itu bukan pendapatan asli daerah, tapi perkelahian antardesa. Ini yang jadi tantangan...
Sigi, Sulawesi Tengah,  (Antaranews Sulteng) - Kepolisian Resort Kabupaten Sigi menggelar tabligh akbar berlangsung di Kecamatan Marawola sebagai salah satu upaya meredam konflik sosial diwilayah kerjanya, Minggu.

Kapolres Sigi AKBP Wawan Sumantri dalam sambutannya mengatakan tabligh akbar merupakan salah satu pendekatan dengan mengedepankan aspek agama untuk pembinaan masyarakat.

"Kegiatan ini dilakukan satuan tugas nusantara Polres Sigi, berdasarkan surat Kapolda Sulteng," ucap AKBP Wawan Sumantri, saat menyampaikan sambutan.

Ia mengaku bahwa beberapa wilayah di Sigi rentan dengan konflik sosial yang di latarbelakangi dengan berbagai masalah.

"Saat saya mulai menjabat sebagai Kapolres Sigi, saya senang karena daerah ini tinggi PAD-nya. Namun, ternyata PAD itu bukan pendapatan asli daerah, tapi perkelahian antardesa. Ini yang jadi tantangan," kata Wawan.

Pertikaian dan konflik sosial yang terjadi, akui dia, telah menelan korban jiwa dari pihak yang bertikai.

Terhitung sejak Februari 2018 telah terdapat dua orang korban  yang disebabkan oleh pertikaian atau konflik sosial dari masing-masing pihak.

"Banyak pula yang telah kami tahan, sebahagiannya anak-anak usia sekolah," ujarnya.

Ia menyebut bahwa Polres Sigi telah melakukan sejumlah langkah antara lain preventif, mengunjungi masyarakat serta tabligh akbar dengan sejumlah kegiatan sosial keagamaan lainnya.

Dirinya menguraikan Polres Sigi telah menyelesaikan masalah tapal batas antardesa.

"Soal tapal batas suda selesai. Jangan ada lagi yang pancing-pancing. Kalau ada yang pancing, biarkan saja nanti kami yang selesaikan," urai Wawan.

Satgas Nusantara menghadirkan Ketua MUI Kota Palu Prof Dr H Zainal Abidin dan Abdul Rahman (Heri Rahman) untuk menyampaikan ceramah pada tabligh akbar sekaligus halal bi halal.