Piala Dunia 2018 - Kane perbesar keunggulan di daftar pencetak gol

id kane

Piala Dunia 2018 - Kane perbesar keunggulan di daftar pencetak gol

Harry Kane merayakan mencetak penalti selama adu penalti. (REUTERS/Kai Pfaffenbach)

 Jakarta, (Antaranews Sulteng) - Tambahan satu gol ke gawang Kolombia melalui tendangan penalti menit ke-57 pada pertandingan terakhir babak 16 besar Piala Dunia 2018, Rabu dini hari WIB, membuat pemain Inggris Harry Kane memperbesar keunggulannya dalam daftar pencetak gol terbanyak sementara.

Pemain klub Tottenham Hotspurs tersebut kini mengoleksi enam gol di saat putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia akan memasuki babak perempat final.

Dengan gugurnya sejumlah tim favorit pada fase 16 besar, praktis langkah Kane untuk meraih penghargaan "sepatu emas" semakin mulus.

Saingan terdekat dalam daftar produksi gol adalah pemain Belgia Romelu Lukaku yang sementara mencetak empat gol. Tim Belgia berhasil lolos ke babak perempat final setelah menyingkirkan Jepang di babak 16 besar, sehingga striker Menchester United itu masih berpotensi menambah koleksi golnya.

Cristiano Ronaldo yang juga sudah mencetak empat gol, praktis terhenti dari penambahan gol setelah tim Portugal gugur di babak 16 besar.

Pada level berikutnya, sejumlah pemain yang sudah mencetak tiga gol juga harus berjuang keras untuk bisa menyaingi Kane.

Di antaranya yang masih memiliki peluang adalah Kylian Mbappe (Prancis), Artem Dzyuba (Rusia), Denis Cheryshev (Rusia) dan Edinson Cavani (Uruguay).

Sementara itu bagi striker Brazil Neymar, upaya untuk meraih menjadi "top scorer" Piala Dunia 2018 ini cukup berat karena pemain Paris St Germain itu baru mengoleksi dua gol.

Perburuan untuk meraih "sepatu emas" masih berlanjut pada laga perempat final dimana Inggris akan menghadapi Swedia, Rusia melawan Kroasia, Brazil melawan Belgia, dan Uruguay menantang Prancis.

Berikut daftar pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2018 setelah selesainya seluruh pertandingan babak 16 besar Selasa malam (Rabu dini hari WIB), berdasarkan data dari FIFA.

    
6 gol - Harry Kane (Inggris)    
4 gol - Cristiano Ronaldo (Portugal), Romelu Lukaku (Belgia)
3 gol - Yerry Mina (Kolombia), Artem Dzyuba (Rusia), Diego Costa (Spanyol), Denis Cheryshev (Rusia), Kylian Mbappe (Prancis), Edinson Cavani (Uruguay)
2 gol - Neymar (Brazil), Takashi Inui (Jepang), Mile Jedinak (Australia), Luka Modric (Kroasia), Phillipe Coutinho (Brazil), Ahmed Musa (Nigeria), Eden Hazard (Belgia), John Stones (Inggris), Mohamed Salah (Mesir), Luis Suarez (Uruguay), Wahbi Khazri (Tunisia), Andreas Granqvist (Swedia), Heung Min Son (Korsel), Sergio Aguero (Argentina), Antoine Griezmann (Prancis).