Porprov Sulteng pertandingkan 20 cabang olahraga

id porprov, koni,sulteng

Porprov Sulteng pertandingkan 20 cabang olahraga

q (antara)

Parigi,Sulteng (Antaranews Sulteng) - Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah yang akan dilaksanakan di Kabupaten Parigi Moutong pada November 2018, dipastikan mempertandingkan sebanyak 20 cabang olahraga, kata Ketua Umum KONI Sulteng, Anwar Ponulele.

"Ini susuai hasil penetapan pantia pelaksana pada rapat bersama seluruh pengurus olahraga di kabupaten/kota di Provinsi Sulteng," katanya di Palu, Rabu.

 Ia mengatakan kegiatan olahraga tingkat provinsi itu merupakan kalender tetap program KONI Sulteng yang diselenggarakan tiap empat tahunan untuk mengukur sakaligus mengetahui perkembangan prestasi atlet di masing-masing kabupaten dan kota di daerah ini.

Selain itu, kata dia, juga sebagai ajang untuk menjaring atlet berprestasi guna mengikuti babak kualifikasi PON dan juga berbagai kejuaraan di tingkat nasional.

Mengingat kejuaraan ini sangat penting, Anwar berharap semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng untuk mempersiapkan atlet terbaiknya berlaga di ajang olahraga empat tahun sekali itu.

"Saya sangat berharap tiap kabupaten kota di Sulteng mengirimkan atlet untuk ikut berlaga di Porprov dipusatkan di Kabupaten Parigi Moutong," harap Anwar.

KONI Sulteng, Anwar telah menetapkan sekitar tujuh cabang unggulan di PON XX yang akan berlangsung di Provinsi Papua pada 2020. Cabang-cabang itu selama ini telah menunjukan prestasi yang bagus. Misalkan di PON XIX 2016, tujuh cabang andalan tersebut berhasil meraih medali.

Namun demikian, tambahnya, bukan berarti cabang lainnya tidak diperhatikan dan diunggulkan. Semua cabang yang lolos ke PON akan memasuki pusat pelatihan daerah (pelatda).

Menurut dia, semakin banyak cabang yang lolos, tentu semakin baik dan membuka peluang besar terhadap pundi-pundi medali. Jika pundi-pundi medali semakin banyak, otomatis peringkat Sulteng di PON mendatang akan semakin lebih bagus lagi dari pelaksanaan PON sebelumnya.

Berikut cabang-cabang yang akan dipertandingkan pada Porprov se-Sulteng di Kabupaten Perigi Moutong yang dijadwalkan berlangsung pada November 2018 meliputi atletik, tinju, tenis meja, tenis lapangan, voli pasir,sepakbola, tinju, taekwondo, karate, pencak silat, sepak takraw, balap sepada, sepatu roda,bulutangkis,dayung dan bola basket.