TMMD sejahterakan warga lewat penyulihan KB

id TMMD,POSO,KB

TMMD sejahterakan warga lewat penyulihan KB

dr Djani Moula memberikan penyuluhan KB dalam rangka TMMD 102 Thaun 2018 di Doda. (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Poso (Antaranews Sulteng) - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 102 Tahun 2018 yang dipusatkan di Desa Doda, Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso, patut diancungi jempol.

TMMD dibawah komando Dandim 1307 Poso Letkol Dodi Tryo Hadi kali ini memiliki terobosan yang melihat kesejahteraan rakyat dari sisi kemanusian. 

Terobosan itu selain program sasaran utama fisik yang membangun jalan Doda-Lelio, juga ada program yang membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat di antaranya penyuluhan Keluarga Berencana (KB) yang bekerja sama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Poso. 


"Tidak hanya bentuk fisik ya, namun TMMD juga dapat membantu kesejahteraan keluarga, salah satunya melakukan penyuluhan KB kepada seluruh masyarakat setempat," tutur Letkol Dodi yang juga sebagai Dansatgas TMMD, Kamis. 

Baca juga: SMP Doda dapat materi baris-berbaris dari TMMD

Dandim katakan, penyuluhan itu merupakan sosialisasi metode kontrasepsi jangka panjang, dalam rangka menunjang program TMMD dengan tujuan memberikan kontribusi pengetahuan kepada masyarakat, untuk menekan angka kelahiran dengan menggunakan alat kontrasepsi. 


Penyuluhan KB itu dilaksanakan langsung oleh Kepala Dinas Pengendalian penduduk dan KB Poso, dr Djani Moula di beberapa tempat. Program tersebut juga merupakan salah satu program Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

TMMD yang mengangkat tema Manunggal membangun karakter generasi milenial itu, menghadirkan 150 personel TNI untuk membuka jalan Doda-Lelio. Sementara sasaran dari program itu yakni menimbun jalan Doda-Lelio 920 meter, tebal 20 cm dan lebar 4 meter, penimbunan jalan menuju patung Tadulako 1000 meter, lebar 4 meter. 

Timbunan jalan kantong produksi Desa Doda panjang 943 meter dan Non Fisik melaksanakan penyuluhan terpadu dan bakti sosial. Selain itu TMMD juga memberikan bantuan bibit ikan, bibit pohon kopi, khinatan gratis, bakti sosial, bantuan sembako, pasar murah, dan pemberian buka perpustakaan. 

Baca juga: Kegiatan TMMD di Doda, dimulai