Bupati Samsurizal bangun gedung SD senilai Rp1,5 miliar di pedalaman

id Parimo,sabar,SD

Bupati Samsurizal bangun gedung SD senilai Rp1,5 miliar di pedalaman

Bupati Parimo Samsurizal Tombolotutu meletakan batu pertma pembangunan SD Ganonggol Sari yang bernilai Rp1 miliar, Sabtu (14/7) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Tak perlu menunggu lama sejak terpilih kembali untuk kedua kalinya sebagai Bupati Parigi Moutong,  Samsurizal Tombolotutu langsung merealisasikan janjinya kepada warga desa Ganonggol Sari Kecamatan Bolano Lambunu. 

Bupati memberikan bantuan pembangunan gedung Sekolah Dasar di desa yang cukup jauh dari ibu kota kecamatan senilai Rp1,584 miliar. 

Pembangunan gedung sekolah dasar itu ditandai dengan peletakan batu pertama langsung oleh Bupati Samsurizal Tombolotutu di desa Ganonggol Sari Kecamatan Bolano Lambunu, Sabtu (14/7). 

Bupati Samsurizal mengatakan pembangunan gedung sekolah itu merupakan wujud terima kasihnya kepada Warga Gannonggol Sari yang telah memilih pasangan Samsurizal Tombolotutu- Badrun Nggai (Sabar) pada Pilkada Parigi Moutong 27 Juni 2018. 

"Terima kasih kepada warga Ganongol Sari. Desa ini yang pertamakali saya kunjungi sejak terpilih kembali. Sebagai wujud terima kasih, saya berikan bantuan pembangunan gedung sekolah. Saya tidak akan lupa dengan desa ini," ujar Samsurizal dengan nada haru. 

Baca juga: Samsurizal-Badrun Nggai bakal pimpin kembali Parigi Moutong

Tak hanya gedung sekolah, warga di desa ini juga memperoleh bantuan pengaspalan jalan sepanjang 1,5 km. Bupati juga memberikan bantuan satu unit mobil desa untuk Kepala Desa setempat karena telah menghibahkan tanahnya yang ditanami pohon rambutan produktif untuk pembangunan gedung sekolah SD Ganonggol Sari. 

"Sebagai ungkapan terima kasih saya kepada warga, 1 unit handtractor saya bantu untuk digunakan di desa ini. Nanti Pak Kades jemput handtracktornya di Dinas Pertanian," ujarnya.

Bantuan tak hanya sampai di situ, warga desa ini sepertinya panen bantuan. Bupati juga memberikan bantuan 10 bibit pohon durian bernilai ekonomi tinggi. 

"Saya baru pulang dari Jakarta, saya lihat ada yang jual durian ternyata harganya Rp1 juta perbiji. Nah, bibit durian itu saya sumbangkan 10 pohon untuk desa ini," ujar Samsurizal disambut aplaus warga Ganonggol Sari. 

Tidak ada larangan, kata Samsurizal, untuk memberikan bantuan kepada warga yang telah memilih dirinya, apalagi sudah selesai pilkada. Bantuan itu pantas diberikan kepada warga sebagai bentuk apresiasi dan terima kasihnya. 

Baca juga: Pasangan Sabar programkan Rp1 miliar per Kecamatan

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Parigi Moutong Adrudin Nur SPd MSi dalam laporannya mengatakan pebangunan gedung sekolah tersebut tidak terlepas dari peran Bupati H Samsurizal Tombolotutu melobi pemerintah pusat sehingga bantuan itu bisa terealisasi. 

"Pembangunan sekolah ini murni usulan dari pak bupati ke Kementerian Pendidikan dalam rangka melakukan pemerataan sekolah di Kabupaten Parigi Moutong. Sebenarnya ini jatahnya Provinsi Papua tapi berkat pendekatan pak bupati di pusat, bantuan sekolah ini diberikan ke Parigi Moutong. Ini bukan janji lagi tapi bukti," ungkap Adrudin

SD Ganonggol nantinya akan dibangun 6 unit ruang kelas baru, 1 unit kantor, 1 unit rumah dinas, 1 unit perpustakaan, 1 unit tempat ibadah dan 1 unit fasilitas kamar mandi. (Humas Pemda Parimo)

Baca juga: Pasangan 'Sabar' bertekad tuntaskan kemiskinan di Parigi Moutong
Pewarta :
Editor : Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar