Wapres dijadwalkan hadiri Konferensi Pendeta GKST di Tentena

id Poso, GKST,Wapres

Wapres dijadwalkan hadiri Konferensi Pendeta GKST di Tentena

Bupati Poso Darmin A Sigilipu (ketiga kiri) saat menerima Ketua Umum Sinode GKST Pdt Jetroson Rense (kedua kiri) di ruang kerjanya di Poso, Jumat (13/7) (Antaranews Sulteng/PPID Poso)

Poso (Antaranews Sulteng) - Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu didampingi Sekretaris Daerah Joksan Lakukua bersama sejumlah Kepala OPD terkait, Jumat (13/7) menerima kunjungan Ketua Umum Sinode Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) Pendeta Jetroson Rense, M.Th yang didampingi Sekretaris Umum Pdt. Yulianus Tolewo, S.Th., MA dan Pendeta Klasis Poso Kota Pdt. Budi S. Tarusu, S.Th.

Kehadiran petinggi GKST itu dimaksudkan untuk melaporkan kepada Bupati Poso mengenai rencana kunjungan kerja Wakil Presiden RI HM Jusuf Kalla ke Kabupaten Poso dalam rangka pelaksanaan konferensi pendeta GKST yang akan dilaksanakan di Tentena akhir Juli 2018.

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu menyambut baik kunjungan petinggi GKST tersebut yang dinilainya merupakan langkah bijak sebagai bentuk koordinasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah daerah dan lembaga keagamaan.

Hal serupa juga telah dilakukan oleh lembaga-lembaga keagamaan lainnya sebagai wujud kebersamaan dalam menyatukan semua elemen bangsa guna membangun Poso yang lebih baik.

Baca juga: GKST Hadir Pertama Kali Di Poso 1893

Karena itu bupati berharap rencana kunjungan Wapres ini dapat dipersiapkan dengan matang dengan melakukan koordinasi kepada semua unsur terkait termasuk mempersiapkan pengamanan dan tetap berkoordinasi dengan pihak Sekretariat Wapres. 

Bupati Darmin juga menghimbau meskipun kunjungan Wapres lebih terarah pada kegiatan lingkup GKST, namun kegiatan itu kiranya dapat melibatkan unsur agama yang lain sebagai gambaran kebersamaan serta bukti kuatnya hubungan silaturahim antarumat beragama di Tanah Poso.

Selama di Tentena, selain menghadiri Pertemuan Raya pendeta-pendeta GKST, Wapres dijadwalkan membawakan materi mengenai Peranan Umat Beragama Dalam Merawat Kebhinekaan, serta melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Sinar Kasih Tentena. 

Guna mempersiapkan kunjungan tersebut, Bupati Darmin langsung memerintahkan sekretaris daerah untuk segera membentuk panitia lengkap yang melibatkan seluruh unsur terkait dan segera melakukan rapat untuk mempersiapkan hal-hal mendasar sehingga kunjungan Wapres di Poso berjalan lancar, aman dan sukses. 

"Lakukan komunikasi, koordinasi, kerja sama serta saling memberikan informasi demi suksesnya kunjungan Wapres di Poso," tegas kolonel purnawirawan marinir itu. (PPID Poso)

Baca juga: Jetroson Rense Terpilih Ketua Umum Sinode GKST