Pemprov Sulteng kembangkan sistem kasda online

id gubernur

Pemprov Sulteng kembangkan sistem kasda online

Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola (Foto antara/Sulapto Sali)

Pemprov Sulteng bekerja sama dengan Bank Sulteng untuk mengembangkan sistem ini
Palu, (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus mengembangkan sistem transaksi nontunai sebagai tahap pengembangan sistem kas daerah (Kasda) online.

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam rilisnya di Palu, Senin, mengatakan sistem tersebut terintegrasi antara Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya perihal pencairan dana APBD dalam bentuk sebuah sistem informasi pencairan dana OPD.

Gubernur menjelaskan pengembangan sistem itu berdasarkan perjanjian kerja sama antara Pemprov Sulteng dengan PT Bank Sulteng tentang "cash management system", serta surat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perihal layanan Kasda online, dan memperhatikan surat edaran Menteri Dalam Negeri perihal implementasi transaksi nontunai pada pemerintah daerah provinsi.

Menurut Gubernur, pengembangan sistem itu, dilatarbelakangi oleh lambatnya perolehan informasi realisasi di OPD terhadap proses pencairan dana di BPKAD sehingga berakibat terhadap rekonsiliasi dengan OPD dan instansi terkait lainnya tidak terlaksana tepat waktu.

"Pemprov Sulteng bekerja sama dengan Bank Sulteng untuk mengembangkan sistem ini," ujar gubernur.

Gubernur Longki berharap dengan pengembangan aplikasi Kasda online itu, dalam penyajian informasi pencairan dana OPD, tidak akan menunggu lama dalam proses pencairan SP2d, serta informasi yang di berikan mengenai pencairan dapat diakses langsung melalui OPD masing-masing, tanpa harus datang ke BPKAD.?

Selain itu kata Gubernur, perolehan data lebih akurat ?dan tepat waktu, sehingga mendorong percepatan realisasi anggaran dan memudahkan dalam rekonsiliasi dengan OPD, terkait penyusunan posisi kas maupun dalam penyajian laporan realisasi anggaran.

Kemudian transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah perlu terus ditingkatkan dengan meningkatkan kompetensi dan tanggung jawab dari segenap aparatur pemerintah di daerah, mencegah korupsi, dan memantapkan reformasi birokrasi melalui penerapan aplikasi Kasda online dan implementasi transaksi nontunai di OPD.

Beberapa waktu lalu BPKAD Sulteng menggelar Bimtek dan sosialisasi yang diikuti 86 peserta terdiri dari bendahara pengeluaran dan operator Simda lingkup OPD Pemrov Sulteng.