Bantul Siapkan Kesenian Tradisional Sambut Muharram

id bantl, muharram, wisata

 Bantul Siapkan Kesenian Tradisional Sambut Muharram

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Irsan Mulyadi)

Bantul (antarasulteng.com) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiapkan kesenian tradisional di sejumlah objek wisata untuk menyambut wisatawan yang merayakan libur tahun baru 1 Muharram 1434 Hijriah.
         
"Biasanya kalau malam 1 Sura (Muharram), masyarakat setempat menggelar ritual, dan kami membantu dengan menambah sejumlah atraksi kesenian tradisional," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul Bambang Legowo, Senin.
         
Menurut dia, sejumlah kesenian termasuk kesenian tradisional akan digelar di objek wisata pada Rabu (14/11) malam, dan Kamis (15/11) pagi,  atau bertepatan dengan hari pertama Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1434 Hijriah.
         
Ia menyebutkan di antaranya musik keroncong akan digelar di Pantai Parangtritis, "jathilan" (semacam kuda lumping) di Pantai Samas, Pantai Kuwaru, dan Gua Selarong, serta sejumlah kesenian tradisional yang sudah menjadi tradisi masyarakat setempat.
         
"Untuk kegiatan kesenian yang sifatnya besar memang tidak diadakan, namun hanya sejumlah kegiatan budaya yang sifatnya melestarikan tradisi, dan kami berharap dengan kegiatan itu dapat menambah semarak, serta bisa dinikmati wisatawan lokal," katanya.
         
Ia mengatakan pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan ke Bantul selama malam 1 Muharram nanti bisa mencapai sebanyak 20.000 orang dengan pemasukan untuk pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp100 juta. (KR-HRI)