46 seniman Spanyol akan ramaikan Indonesiana di Parigi

id Parimo,Indonesiana,Sekda

Sekda Parimo Ardi Kadir saat memimpin upacara 17-an di Parigi, Selasa (17/7) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Parimo)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 46 orang seniman Spanyol akan berkunjung ke Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, pada 11-14 Agustus 2018 untuk memeriahkan acara Indonesiana yang digelar Pemprov Sulteng dan Kemendikbud.

Sekda Parigi Moutong, Ardi pada upacara gabungan OPD setiap tanggal 17 di Parigi, Selasa, mengajak seluruh pegawai untuk ikut berkontribusi menyukseskan acara Indonesiana di daerah itu.

Indonesiana, katanya, merupakan program Kementerian Pendidikan dan Kebudayan untuk memperkenalkan potensi seni dan budaya daerah di seluruh Indonesia.

Pada tahun 2018 ini, Indonesiana akan melakukan pendukungan untuk 15 festival seni budaya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Parigi Moutong.

Khusus di Kabupaten Parigi Miutong, event ini akan melibatkan pemerintah daerah, komunitas seni dan budaya, pusat kebudayaan dan kedutaan asing serta pihak swasta dalam berbagai bentuk kolaborasi bertajuk 'Vuladongga' atau bulan purnama yang akan dimeriahkan para seniman Eropa. 

"Saya sampaikan kepada kita semua, bahwa pada tanggal 11 - 14 Agustus 2018, Kabupaten Parigi Moutong ditunjuk oleh Kemendikbud untuk menjadi pelaksana event Indonesiana. Untuk itu, saya minta kita semua menyukseskan kegiata akbar ini," pintanya.

Melalui ajang Indonesiana ini, para budayawan akan dipertemukan sekaligus menampilkan berbagai atraksi seni budaya dari beberapa kabupaten di Sulawesi Tengah dan juga beberapa provinsi di Indonesia.

Kegiatannya terdiri atas pawai budaya, pameran kesejarahan daerah, pameran kepurbakalaan, pertunjukan masyarakat adat, workshop seni budaya, serta kunjungan ke beberapa sekolah di Parigi dan sekitarnya.

Perhelatan Indonesiana di Kabupaten Parigi Moutong akan diawali dengan ritual adat dan Tomini Fashion Carnival serta tarian selamat datang yaitu tari 'Pontanu' ciptaan H.M Hasan Bahasyuan yang akan dibawakan secara massal. 

Selain itu akan ada makan malam menyambut tamu yang diisi  hiburan tari musik perkusi oleh anak-anak. (Humas Pemda Parimo)
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar