Menpar luncurkan tiga kegiatan pariwisata Sulteng 2018

id Menpar

Gubernur Sulteng Longki Djanggola (kanan) menyerahkan plakat logo TdCC II-2018 kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya usai peluncuran Central Celebes Calender of Event 2018 di Jakarta, Selasa (17/7) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)

Palu  (Antaranews Aulteng) - Menteri Pariwisata Arif Yahya meluncurkan Tour de Central Celebes, Festival Pesona Palu Nomoni, dan Festival Pesona Lipuku di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Selasa.

Tiga iven berskala nasional dan internasional itu akan berlangsung di sejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah pada September hingga November 2018.

Wali Kota Palu Hidayat yang dihubungi dari Palu, Selasa malam mengatakan tiga festival yang diharapkan mampuan menyedot perhatian publik dari dalam dan luar daerah itu merupakan festival yang sudah menjadi kalender pariwisata nasional yang telah dilaksanakan beberapa kali sebelumnya.

 Tour de Central Celebes (TdCC) yang diluncurkan tahun ini merupakan kali kedua dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah setelah sebelumnya pertama kali dilaksanakan 2017.

Peserta TdCC 2018 yang digelar pada 14-18 Oktober telah 20 tim dari 16 negara.

Baca juga: Gubernur Sulteng gandeng MarkPlus publikasikan TdCC

Sementara Festival Pesona Palu Nomoni (FPN) telah digelar sebanyak tiga kali mulai dari 2016. FPN merupakan festival budaya dan kesenian yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Palu.

 FPPN dijadwalkan dilaksanakan mulai 28 September sampai 3 Oktober 2018.

 Adapun dan Festival Pesona Lipuku (FPL) telah dihelat dua kali oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna dengan menampilkan keindahan alam dan keindahan bahari di Kepulauan Togean. Event ini direncanakan dihelat pada 2 sampai 6 November 2018.

 Mengutip penjelasan Menteri Pariwisata, Hidayat mengatakan terdapat 32 event yang dilaksanakan di Sulawesi Tengah pada 2018. Sebanyak 24 event diantaranya berskala lokal dan enam event berskala regional.

 Enam event berskala regional yakni Tour de Central Celebes, Togean Internasional Oceanic dan Festival Teluk Tomini, Festival Danau Poso, Festival Teluk Sombori dan Festival Pulo Dua. Sementara Festival Pesona Palu Nomoni dan Festival Pesona Lipuku masuk dalam event berskala nasional.

 
Menteri Pariwisata Arief Yahya memberikan sambutan pada peluncuran Central Celebes Calender of Event 2018 di Jakarta, Selasa (17/7) (Antaranews Sulteng/Humas Pemprov Sulteng)


Baca juga: TdCC 2018 siapkan bonus Rp1,2 miliar

Menteri Pariwisata Arif Yahya mengatakan penentuan standar event tersebut ditentukan oleh tim kurator dan ahli.

 "Yang menilai bukan saya pak yah, tapi ada tim kurator, ahli-ahlinya yang menilai skala event-event tersebut. Kalau bapak ibu mau menjadikan event di daerahnya berskala nasional silahkan," kata Arif di hadapan Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Wali Kota Hidayat serta sejumlah kepada daerah di Sulteng yang hadir dalam kesempatan itu.

?Sementara itu Gubernur Sulteng Longki Djanggola ?berharap Menpar Arif Yahya memasukkan event-event lainnya di Sulteng dalam kalender pariwisata nasional.

Mengingat kata Longki, hingga saat ini Kementerian Pariwisata baru memasukkan TdCC, Festival Pesona Palu Nomoni dan Festival Pesona Lipuku ?dalam kalender pariwisata tahun 2018.

 "Kita berharap Menteri Pariwisata berkenan memasukkan event - event lainnya dalam kalender pariwisata nasional pada tahun-tahun berikutnya," kata Longki.

 Peluncuran TdCC, FPPN dan FPL 2018 ditandai dengan pemukulan gimba oleh Menpar Arif Yahya bersama Gubernur Longki Djanggola dan Wali Kota Palu Hidayat serta sejumlah perwakilan dari seluruh kabupaten yang hadir dalam acara itu. 
Logo TdCC 2018 (Antaranews Sulteng/Istimewa) (Antaranews Sulteng/Istimewa/)


 
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar