KPU gencarkan sosialisasi pemilu untuk tingkatkan partisipasi pemilih

id KPU,Morowali

KPU gencarkan sosialisasi pemilu untuk tingkatkan partisipasi pemilih

Komisi Pemilihan Umum (antaranews.com)

Morowali, Sulawesi Tengah (Antaranews Sulteng) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Morowali, Sulawesi Tengah, akan menggencarkan sosialisasi tentang pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pesta demokrasi pileg dan pilpres 2019 mendatang.

"Salah satu upaya yang akan kami lakukan yaitu tentu sosialisasi," ucap Ketua KPU Morowali Ervan terkait upaya peningkatan partisipasi pemilih, di Bungku, Rabu.

Ervan menyebut KPU akan melakukan beberapa cara untuk partisipasi masyarakat, yaitu bertatap muka secara langsung, serta sosialisasi menggunakan media sosial.

Ia mengutarakan, pihaknya juga akan berupaya melibatkan organisasi masyarakat, organisasi keagamaan dan organisasi kepemudaan termasuk tokoh agama, untuk mendongkrak partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi.

"Tentu harus dilakukan dengan melibatkan organisasi keagamaan, tokoh adat, masyarakat dan pemuda, agar partisipasi pemilih dalam pileg dan pilpres meningkat," ujar Ervan.

Dia mengemukakan pesta demokrasi pileg dan pilpres merupakan ruang dan kesempatan yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat atau pemilih.

Sebab, aspirasi dan keinginan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan dan pembangunan di sektor lainnya dapat terealisasi bila memanfaatkan momen pesta demokrasi itu.

Sampai saat ini, akui dia, terkait dengan pendaftaran calon peserta legislatif, KPU menerima semua berkas pendaftaran enam belas partai politik.

"Kami sedang melakukan penelitian berkas administrasi partai politik dan calon legislatif," sebut dia.

Ervan menyampaikan KPU akan mengumumkan hasil penelitian berkas administrasi pada tanggal 19 - 21 Juli 2018.