Festival Pesona Lipuku digelar 6-12 Agustus di Kepulauan Togean

id FESTIVAL LIPUKU,TOUNA,TOGEAN

Festival Pesona Lipuku digelar 6-12 Agustus di Kepulauan Togean

Logo Festival Pesona Lipuku, Kabupaten Tojo Unauna (Antaranews Sulteng/Pemda Touna)

Palu (Antaranews Sulteng) - Festival Pesona Lipuku yang akan digelar di Kepualau Togean, Kabupaten Tojo Unauna, 6-12 Agustus 2018, kini sudah masuk kalender kegiatan wisata nasional di Kementerian Pariwisata.

"Kemarin Menteri Pariwisata meresmikan masuknya Festival Pesona Lipuku dalam kalender pariwisata nasional Kemenpar bersama Festival Pesona Palu Nomoni (Kota Palu) dan Tour de Central Selebes (TdCC)," kata Kepala Dinas Pariwisata Sulawesi Tengah I Nyoman Sariadijaya yang dihubungi di Palu, Rabu.

Dengan masuknya Festival Pesona Lipuku dalam 'calender of event' kegiatan wisata nasional, kata Nyoman, maka promosi dan penyelenggaraan festival ini akan mendapat dukungan penuh dari pemeritnah pusat.

"Dengan demikian, festival ini akan berdampak lebih luas dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke daerah ini, khususnya Kepulauan Togean," ujarnya.

Kepulauan Togean adalah obyek wisata bahari unggulan Sulawesi Tengah yang telah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara untuk menikmati keindahan bawah laut yang dikagumi banyak pengunjung.

Keterangan yang diperoleh dari Dinas Pariwisata Tojo Unauna menyebutkan Festival Pesona Lipuku 2018 diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Tojo Unauna dan didukung oleh Kementerian Pariwisata dengan tujuan untuk mempromosikan pariwisata di daerah itu.

Baca juga: Menpar luncurkan tiga kegiatan pariwisata Sulteng 2018

Festival Pesona Lipuku sudah masuk dalam 'Top 100 Wonderful Indonesia Event' sebagai wujud dukungan pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan pariwisata Kepulauan Togean ke seluruh dunia.

Dalam festival ini akan terdapat berbagai kegiatan menarik di antaranya fun bike, bela diri tradisional, foto keindahan laut Togean, road race, tari-tarian tradisional, olah raga dan berbagai perlombaan seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu. 

Acara ini selanjutnya akan menampilkan kuliner lokal dengan bahan utama berupa ikan segar, kepiting, udang dan tiram.

"Festival Pesona Lipuku akan mengenalkan kepada wisatawan  keindahan enam pulau dari 40 pulau besar di Togean. Tempat-tempat seperti Pulau Kadidiri, Pangempa, Bolilanga, Pulau Taupan, Danau Jellyfish dan Kulingkinari siap untuk dieksplorasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Tojo Unauna, Mario Dg Pawadjoi.

Kepulauan Togean dikenal dengan pantai berpasir putih dan lautan biru jernih. Tempat ini juga memiliki hutan mangrove yang memiliki 33 jenis mangrove. Sejauh yang bisa dilihat mata, ada tanaman rindang yang merupakan sumber makanan utama hewan dugong.

Sebagai bagian dari segitiga terumbu karang dunia selain Filipina dan Papua Nugini, Kepulauan Togean memiliki salah satu pemandangan bawah laut terindah di Indonesia. Terumbu karang di tempat ini sangat sehat dan alami. 

Pada Tahun 2004 Kepulauan Togean ditetapkan sebagai Taman Nasional Laut oleh pemerintah. 
 
Salah satu desinasi wisata kepulaun Togean yang terletak di Kabupaten Tojo Una-una Sulawesi Tengah (togean.net)
Pewarta :
Editor : Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar