Parigi Moutong berangkatkan 138 jamaah calon haji

id PARIMO,HAJI,KEMENAG

Parigi Moutong berangkatkan 138 jamaah calon haji

Jamil Akbar, pejabat pengelola sistem komputerisasi haji terpadu Kantor Kemenag Parigi Moutong (Antaranews Sulteng/Ridwan)

Parigi (Antaranews Sulteng) - Sebanyak 138 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, siap berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji 2018 melalui embakasi Balikpapan, Kalimantan Timur.
     
Jumail Akbar, pengelolah sitem kompterisasi haji terpadu pada Kantor Kemenag  Parigi Moutong mengemukakan di Parigi ,Kamis,  sebelumnya JCH di kabupaten itu sebanyak 155 orang, namun beberapa di antaranya batal karena berbagai alasan,

Dari jumlah tersebut, tiga caalon jamaah meninggal dunia dan 14 orang menunda keberangkatan, namun Kemenag setempat menyediakan 10 orag calon jamaah tambahan satu orang cadangan.
 
Selain itu terjadi mutasi daerah yakni dua JCH mutasi ke Kabupaten Donggala dan tiga lainnya mutasi di Kota Palu. JCH yang mutasi itu digantikan digantikan oleh calon jamaah tambahan, sehingga jumlah JCH Parigi Moutong yang dipastikan berangkat menunaikan ibadah haji yakni 138 jamaah.
   
Kemenag Parigi Moutong, katanya, memastikan empat JCH lansia ikut berangkat karena kondisi mereka dinyatakan sehat oleh petugas medis Dinas Kesehatan setempat.

Baca juga: Petugas haji diimbau sabar dan komitmen

Selain lansia,tambahnya, Parigi Moutong memiliki satu JCH termuda atas nama Amirul Hidayat yang berusia 20 tahun.
 
Jumali menjelaskan kuota JCH Parigi Moutong tahun ini sedikit meningkat dibanding tahun sebelumnya hanya berjumlah 136 jamaah.
   
"Pargi Moutong mendapat kloter delapan, pelepasan calon jamaah haji akan dilaksanakan pada 4 Agustus, dan pemberangkatan 5 Agustus 2018 dari Bandara Mutiara Sis-Aljufri Palu menuju embarkasi haji Balikpapan.