Pemkab Sigi salurkan bantuan 1.000 ekor ternak

id ternak

Pemkab Sigi salurkan bantuan 1.000 ekor ternak

Ilustrasi (FOTO ANTARA/Saiful Bahri)

Sigi,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menyalurkan bantuan 1.000 ekor ternak kepada 100 kelompok tani di daerah itu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sigi Tugiran di Sigi, Jumat, mengatakan bahwa bantuan itu diserahkan oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapata.

 Bantuan ternak terdiri atas tiga jenis yakni sapi, kambing, dan babi. Setiap kelompok menerima bantuan ternak maksimal 10 ekor.

Bupati Irwan berharap petani yang menerima bantuan tersebut dapat mengembangkannya dengan baik sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

Apalagi, kata dia, Sigi merupakan daerah pengembangan ternak, khususnya sapi yang cukup menjanjikan karena ditopang ketersediaan lahan dan pakan yang memadai.

Jika pengengambangan ternak berjalan bagus,niscaya Sigi akan jadi salah satu sentra produksi ternak, khususnya sapi di provinsi ini.

Karena itu, Pemkab Sigi mengalokasikan dana untuk pembelian bibit ternak dan disalurkan kepada petani yang ada di daerah itu.

Pemkab Sigi, kata Tugiran juga mendukung penuh program Gubernur Sulteng Longki Djanggola yang menargetkan pencapaian populasi ternak sapi 1 juta ekor pada 2020.

Data dari Dinas Peternakan Provinsi Sulteng menargetkan populasi ternak sapi di provinsi ini pada 2018 sekitar 400.000-an ekor.