POPDA Sulteng 2018, atlet Palu diminta teladani Muhammad Zohri

id Palu, Popda SUlteng

POPDA Sulteng 2018, atlet Palu diminta teladani Muhammad Zohri

Kontingen Kota Palu ke POPDA Sulteng 2018 (Antaranews Sulteng/Muh. Arsandhi)

Palu (Antaranews Sulteng) - Atlet Kota Palu yang akan berkompetisi dalam Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Sulawesi Tengah  tahun 2018 diharapkan dapat meneladani sosok juara dunia lari 100 meter di Finlandia, Lalu Muhammad Zohri.

"Bendera merah putih itu bisa berkibar di negara lain apabila meraih prestasi terbaik salah satunya di bidang olahraga. Contoh salah satu pelari dari NTB (Nusa Tenggara Barat) Lalu Muhammad Zohri. Begitu juga dengan  bulu tangkis dan wushu," kata Sekretaris Kota (Sekkot) Palu  Asri saat memberi arahan pada acara  pelepasan atlet Palu di halaman Kantor Wali Kota Palu, Senin siang.

Menurut Asri, olahraga merupakan salah satu aspek dalam membangun nama baik dan harga diri bangsa. Tinggi rendahnya kualitas olahraga  akan menjadi cermin terhadap martabat bangsa di tengah - tengah pergaulan masyarakat dunia.

"Saya berharap adik - adik atlet mengeluarkan semua kemampuan dan tenaga yang dimiliki untuk meraih juara dalam POPDA Sulteng tahun 2018 yang kali ini dilaksanakan di Kota Palu"ucap Asri di depan atlet dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Palu Sumardi yang hadir dalam kesempatan itu.

Agar target juara umum dapat diperoleh , Asri mengimbau kepada pada atlet agar menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi sebab pola makan dan makanan yang dikonsumsi sangat berpengaruh  terhadap para atlet saat berkompetisi nanti.

Asri menjelaskan makanan kaya nutrisi seperti buah - buahan dan kacang - kacangan sangat dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan stamina para atlit saat berlomba nantinya .

"Olehnya saya minta kepada ahli gizi yang mendampingi para atlet agar gizi mereka terpenuhi dan saya minta kepada atlet agar patuh terhadap intruksi , bimbingan dan arahan pelatih ,"pesan Asri.

Asri meminta kepada para atlet agar dapat mempertahankan gelar juara umum pada POPDA Sulteng tahun 2018 di Kota Palu yang dilaksanakan pada 23 Juli.

Kepala Dispora Palu Sumardi mengatakan atlet Kota Palu yang dikirimkan untuk berkompetisi dalam POPDA Sulteng tahun 2018 sebanyak 85 orang.

"Cabang olahraga yang diikuti oleh atlit yakni tenis lapangan, tenis meja, sepak takraw, sepak bola, pencak silat, bola voli, bulu tangkis dan bola basket,"ujar Sumardi.

Pemusatan latihan lanjut Sumardi telah dilakukan sejak beberapa bulan sehingga persiapan yang dimiliki oleh para atlit untuk berlomba dalam pekan olahraga tersebut dipastikan cukup.