Pemkab Sigi ajak masyarakat budidayakan kelor

id kelor

Pemkab Sigi ajak masyarakat budidayakan kelor

Ilustrasi, Sejumlah petani dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah, yang tergabung dalam petani Nasdem belajar peningkatan keterampilan memperoleh penghasilan lewat pengelolaan daun kelor. (Ist)

Sigi, Sulteng,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat membudidayakan tanaman kelor karena selain untuk dijadikan sayur, juga berkhasiat mengobati beberapa penyakit.

Bupati Sigi Mohamaad Irwan Lapata di Sigi, Jumat mengatakan banyak pekarangan masyarakat dibiarkan kosong, padahal bisa ditanami kelor.

Menurut dia, jika lahan pekarangan dapat dimanfaatkan untuk budi daya berbagai jenis tanaman produktif, termasuk sayur-mayur, akan menambah pendapatan keluarga.? ?

Sementara itu, Radika Pinto, general manager Wahana Visi Indonesia (WVI) Zona Sulawesi dan Maluku Utara mengatakan petani di Kabupaten Sigi sudah dilatih untuk membudidayakan tanaman kelor sebagai peluang bisnis.

Ia mengatakan, kelor bukan tanaman asing di Sulteng.

WVI bersama Pemkab Sigi mendorong masyarakat untuk melakukan penanaman kelior secara serentak dalam hamparan yang luas agar menarik pasar kelor ke Sulteng.

Daun kelor, menurut literatur, dapat mengobati herpes.

Penyakit kulit satu ini sering kali terjadi secara tiba-tiba, rasanya yang perih dan gatal sehingga meninggalkan bekas merah diawal dan menghitam setelah beberapa hari bahkan tak jarang seseorang mengalami herpes yang parah hingga bernanah.

Daun kelor merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan obat untuk mengatasi penyakit kulit ini dengan cara, ambil beberapa lembar, tumbuk hingga halus, kemudian ditempelkan di kulit yang terjangkit herpes.

Daun kelor mengandung vitamin C serta antioksidan yang sangat tinggi. Kedua zat ini sangatlah baik untuk kesehatan kulit.

Kelor mengandung potasium sehingga dipercaya sebagai obat herbal yang dapat mencegah kanker, bahkan menghentikan serta menyingkirkan kanker di tubuh.

Daun kelor dapat mengobati penyakit diabetes, semetara itu vitamin A yang dikandungnya dapat menjaga kesehatan mata, dan kandungan vitamin C daun itu dapat mengatasi sariawan.