BKKBN Resmikan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera

id BKKBN, keluarga

BKKBN Resmikan Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera

BKKBN (ANTARA)

Palu (antarasulteng.com) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meresmikan pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) Sulawesi Tengah di Palu, Rabu.

Pengresmian tersebut dihadiri oleh Deputi Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) Dr Sudibyo Alimoeso, MA, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah Muhammad Ilham Jafar.

Sudibyo mengatakan, pembentukan PPKS tersebut sebagai wujud dari kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga sejahtera.

"Untuk mewujudkan ketahanan dan keluarga sejahtera perlu dilaksanakan pembinaan dan peningkatan kualitas anak, remaja, lanjut usia, dan lingkungan keluarga," kata Sudibyo.

Konsep PPKS tersebut adalah memberikan pelayanan secara menyeluruh untuk menciptakan ketahanan keluarga.

Sudibyo mengatakan, keluarga harus disiapkan sejak sebelum menikah hingga usia lanjut.

"Intinya PPKS merupakan wadah dimana setiap keluarga dan pengelola bisa melakukan intervensi atau rekayasa sosial terhadap pembangunan secara utuh," katanya.

Sudibyo mengatakan, keberadaan PPKS penting sebagai pencitraan agar BKKBN tidak hanya terkesan mengurusi KB saja atau identik dengan kontrasepsi saja," katanya.

Dia mengatakan dengan adanya PPKS tersebut maka BKKBN lebih luas yakni meningkatkan keluarga sejahtera sehingga semua provinsi wajib membangun PPKS.

Sudibyo bersama jajaran pegawai BKKBN Provinsi juga menggelar sosialisasi generasi berencana (GenRe) di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Datokarama Palu.

Di STAIN Sudibyo juga meresmikan Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK Mahasiswa). Tahun lalu PIK Mahasiswa Universitas Tadulako sudah terbentuk. Rencananya 2013 BKKBN akan membentuk PIK Mahasiswa di perguruan tinggi lainnya di Sulawesi Tengah. (A055)