Kepulauan Togean kian tersohor dengan penyelenggaraan TIOF

id TIOF,Togean,Touna

Gubernur Sulteng Longki Djanggola memberikan sambutan pada pembukaan TIOF di Pulau Papan, Kamis (9/8) (Antaranews Sulteng/Istimewa)

Palu (Antaranews Sulteng) - Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi mengapresiasi pelaksanaan Togean International Oceanic Festival (TIOF) karena akan membuat obyek wisata bahari Kepulauan Togean di Kabupaten Tohoi Unauna, Sulteng, semakin terkenal di seluruh dunia.

"Pak gubernur memuuji TIOF di Togean, karena kegiatan ini sangat menguntungkan daerah dan masyarakat Sulteng," kata Munawar Mapu, Asisten Pemerintah Pemkab Tojo Unauna yang dihubungi di Ampana, Jumat.

TIOF digelar di Pulau Papan, Kepulauan Togean 8-11 Agustus 2018 sebagai salah satu upaya mempromosikan obyek wisata unggulan Sulteng itu ke berbagai negara di dunia sehingga kunjungan wisatawan mancanegara semakin meningkat ke depan.

"Togean ini kan termasuk dalam daerah tujuan wisata strategis Indonesia dan cukup diminati wisatawan bahari berbagai negara terutama dari Eropa," ujarnya.

Baca juga: Pemkab Touna siap gelar Togean International Oceanic Festival

Pelaksanaan TIOF tidak hanya seremonial saja namum juga menjual daerah itu supaya lebih banyak lagi dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara. 

Makanya, berbagai atraksi yang ditampilkan dari panggung di atas laut itu memerkenalkan kekayaan seni dan budaya serta kuliner lokal.

Pencipta lagu daerah 'Touna Ngai-ngai To Pipi' ini menjelaskan bahwa TIOF ini dihadiri ribuan warga setempat dan tamu undangan.

"Orang yang datang ribuan, baik yang kelihatan di darat maupun yang di laut. Di laut masyarakat datang dengan membawa perahu kira-kira mencapai 500 ratusan perahu. Acara dibuka oleh Deputi Menteri Pariwisata," ujarnya.

 
Ribuan warga menghadiri TIOF 2018 di Pulau Papan, Kamis (9/8) (Antaranews Sulteng/Istimewa)
Pewarta :
Editor: Fauzi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar